Rabu 18 Jul 2018 11:33 WIB

Obor Asian Games Dibawa ke Kawah Ijen

Selama di Banyuwangi atraksi seni akan memeriahkan pawai obor.

Panorama kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur.
Foto: Antara/Budi Candra Setya
Panorama kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI -- Obor untuk pembukaan Asian Games 2018 dibawa dari India dan melintasi sejumlah wilayah di Pulau Jawa. Termasuk di Bayuwangi, Jawa Timur. Di sana obor akan dibawa ke puncak Kawah Ijen, 21 Juli mendatang.

"Obor akan dibawa ke kaki Gunung Ijen pada 21 Juli pukul 19.00 WIB, lalu ada prosesi penyerahan obor kepada tim Banyuwangi. Selanjutnya obor dibawa ke puncak Gunung Ijen. Sekaligus ini promosi pesona wisata Kawah Ijen yang memang ikonik dan cukup dikenal di mancanegara. Prosesi ini juga disebarluaskan media-media se-Asia," ujar Bupati Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Rabu (18/7).

Dia menjelaskan, pemerintah pusat memilih Gunung Ijen menjadi salah satu perlintasan pengarakan obor Asian Games yang dibawa dari India sejak Ahad (15/7). Pemerintah ingin menunjukkan bahwa Indonesia punya objek wisata yang menawan dengan fenomena api biru.

Setelah berada di puncak Ijen, kata Anas, obor diarak menuju Pendopo Banyuwangi melalui jalan-jalan utama kota. Nantinya api obor akan dibawa oleh atlet dan warga berprestasi di Banyuwangi.

"Sepanjang jalan yang dilalui pawai obor akan kami tampilkan beragam kesenian Banyuwangi. Kita tunjukkan kepada negara-negara Asia kalau Banyuwangi adalah daerah yang kaya akan seni dan budaya," ujar Anas.

Sejumlah atraksi seni yang akan memeriahkan pawai obor itu, antara lain Tari Gandrung yang baru saja diundang manggung di Amerika Serikat, karnaval etnik Banyuwangi Ethno Carnival, hingga kesenian Barong. "Pada saat bersamaan, di Banyuwangi juga digelar festival komoditas agrobisnis dan pentas musik Lalare Orchestra. Sehingga akan sangat meriah, karena kita ingin warga Banyuwangi demam Asian Games, mampu menyerap inspirasi dari perhelatan akbar ini. Jarang-jarang kan Indonesia jadi tuan rumah, jadi kami ikut bangga," ujarnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, kedatangan pawai obor Asian Games itu akan dijadikan bagian dari promosi pariwisata. Banyuwangi ikut merasa memiliki ajang tersebut, karena bangga Indonesia menjadi tuan rumah ajang terbesar se-Asia.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah pusat dan Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) yang telah memberi kepercayaan untuk menyambut obor Asian Games," ujar Anas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement