Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tips Mahasiswa Sukses Jadi Entrepreneur

Selasa 17 Jul 2018 23:55 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani

Aktivitas pengunjung berinteraksi dengan peserta Festival Wirausaha Baru 2018 yang bertajuk Be Young Creative Entrepreneur, di Aula Pusdai, Kota Bandung, Rabu (4/7).

Aktivitas pengunjung berinteraksi dengan peserta Festival Wirausaha Baru 2018 yang bertajuk Be Young Creative Entrepreneur, di Aula Pusdai, Kota Bandung, Rabu (4/7).

Foto: Republika/Edi Yusuf
Kebanyakan mahasiswa juga ingin menghasilkan uang sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kewirausahaan atau entrepreneurship terbukti bermanfaat besar bagi banyak orang di dunia saat ini.  Jika Anda seorang mahasiswa dan berpikir ingin mulai berbisnis atau menghasilkan uang pada waktu bersamaan, maka Anda berada di jalur benar.

Mahasiswa pastinya memerlukan banyak uang untuk memenuhi kebutuhan dan biaya pendidikan. Terlepas dari dukungan orang tua secara finansial, kebanyakan mahasiswa juga ingin menghasilkan uang sendiri.

Di banyak benua dan negara, mahasiswa bisa menemukan pekerjaan sampingan, apakah itu di rumah sakit, toko roti, pom bensin, tempat penitipan anak, dan sebagainya. Itu membantu mereka mendapatkan uang ekstra yang bisa digunakan untuk berbagai hal.

Dilansir dari Kick Vick, Selasa (17/7), entrepreneurship sifatnya dinamis, terus berubah untuk mengakomodasi kemajuan zaman dan hal-hal baru yang muncul. Mahasiswa belajar mengikutinya. Menjadi mahasiswa semestinya tak membatasi Anda menjadi entrepreneur. Anda hanya perlu menempatkan prioritas di jalur yang benar.

Bagaimana tips agar mahasiswa bisa sukses berwirausaha?
Pertama, evaluasi keterampilan, pengetahuan, dan tujuan Anda. Apakah Anda cukup kompeten? Apakah Anda berpengetahuan cukup tentang bisnis? Tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda siap menjelajahi dunia kewirausahaan? Jika Anda maasih ragu, carilah cara mendapat sebanyak mungkin informasi.

Kedua, pilih ide bisnis yang spesifik yang bisa Anda kembangkan. Ide bisnis yang unik dan menarik akan membantu memudahkan semua implementasi.

Ketiga, studi pasar. Anda tidak bisa mengabaikan riset pasar jika ingin sukses berbisnis. Banyak orang mengabaikan faktor ini, sehingga berisiko terlempar kembali ke titik awal saat sulitnya memulai bisnis.

Keempat, buat rencana bisnis sedini mungkin. Jangan pernah berpikir memulai bisnis tanpa rencana. Itu hanya membuat Anda hidup tanpa panduan dan Anda tak bisa melakukan semuanya serba kebetulan.

Kelima, temukan mentor yang cocok. Pengusaha sukses, siapapun dia, pasti memiliki mentor atau orang yang tepat diajak berjalan bersama. Dengan seorang mentor, Anda bisa berkonsultasi sebab mereka memiliki pengalaman terbaik.

Keenam, tindak lanjuti rencana Anda. Semakin lama Anda menyimpan ide, semakin malas Anda mengaktualisasikannya. Anda tak perlu menunggu terlampau lama memulai bisnis. Kecemasan hanya membuat Anda terus menundanya. Percayalah pada diri sendiri dan mulai langkah pertama.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA