Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

In Picture: Sang Juara Pulang, Rakyat Prancis Berpesta

Selasa 17 Jul 2018 10:34 WIB

Red: Didi Purwadi

Foto: EPA-EFE/Christophe Petit Tesson
Champs Elysees seluas 2 km persegi disemuti oleh suporter Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS --Timnas Prancis telah kembali pulang usai menjuarai Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Kroasia 4-2 di partai final. Suporter yang sudah berpesta sejak laga final pada Ahad (15/7), Selasa (17/7) ini kembali berpesta menyambut kepulangan pahlawan mereka.

Champs Elysees seluas 2 km persegi disemuti oleh suporter. Arc de Triomphe dan Place de la Concorde yang juga luas, berubah menjadi lautan manusia pada Ahad malam. Mereka melambaikan bendera merah putih biru, menyalakan petasan dan meniup peluit sampai pagi.

Pada Senin, efek-efeknya masih terlihat. Sejumlah jendela pecah, mobil terbalik dan grafiti tertulis di sana-sini. Termasuk frasa "Liberte, Egalite, Mbappe", referensi untuk semboyan nasional "Liberte, Egalite, Fraternite".

Pada Selasa (17/7) ini, pasukan Didier Deschamps telah kembali pulang dan langsung melakukan parade kemenangan. Mereka tiba kembali di Prancis dengan banyak orang berkumpul di bandara Charles de Gaulle untuk menyambut mereka. Sebuah parade menuju Champs Elysees digelar. Ada juga resepsi kemenangan resmi bersama Presiden Emmanuel Macron di Istana Elysee.

Bukan hanya di Paris bahwa negara telah diambil alih oleh demam sepak bola. Dari selatan Nice dan Marseille ke Lille di utara, Nantes di barat dan sejumlah kota dan kota lain di antaranya, stasiun TV penuh dengan gambar penggemar berpakaian merah, putih dan biru bernyanyi di jalan dan alun-alun.

Sumber : Antara/Reuters

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA