Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

LRT Jakarta akan Diresmikan 10 Agustus

Ahad 15 Jul 2018 18:56 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya

Suasana light rail transit (LRT) Palembang, Sumatra Selatan saat ditinjau langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang dijalankan dari Stasiun Bumi Sriwijaya (Palembang Icon) hingga Stasiun Jakabaring, Jumat (13/7).

Suasana light rail transit (LRT) Palembang, Sumatra Selatan saat ditinjau langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang dijalankan dari Stasiun Bumi Sriwijaya (Palembang Icon) hingga Stasiun Jakabaring, Jumat (13/7).

Foto: Republika/Rahayu Subekti
Saat ini Kemenhub sedang melakukan sertifikasi untuk LRT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan light rail transit (LRT) Jakarta segera diresmikan. Dia mengatakan kereta layang yang juga akan digunakan untuk Asian Games 2018 di Jakarta itu akan diresmikan pada 10 Agustus 2018.

Budi juga sudah mencoba langsung LRT Jakarta yang menhubungkan Kelapa Gading hingga Velodrome itu. "Bagus. Saya tadi pesan karena menyangkut angkutan masssal dan publik kita lagi finishing. Keselamatan itu diutamakan," kata Budi di Stasiun LRT Kelapa Gading, Ahad (15/7)

Hanya saja, pembangunan depo kereta layang yang digarap PT Jakarta Propertindo (Jakpro) itu masih mencapai 15 persen. Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto menuturkan hal tersebut tidak menjadi masalah meski Agustus nanti LRT Jakarta akan dioperasikan untuk Asian Games.

Dwi memastikan ada penyimpanan untuk rangkaian LRT di area Kelapa Gading. "Kalau untuk delapan trainset bisa. Deponya kan disiapkan untuk hampir 16 rangkaian," ujar Dwi.

Terkait penyelesaian pembangunan depo LRT Jakarta, Dwi mengatakan pengerjaan tersebut masih berlanjut. Sebab, depo tersebut dibangun tidak hanya untuk LRT Jakarta pada fase satu yang berjarak 5,8 kilometer tapi untuk LRT fase dua juga hingga 40 kilometer.

Di sisi lain, LRT Palembang, Sumatra Selatan tampaknya akan beroperasi lebih dulu dibandingkan di Jakarta. Budi memastikan pada 20-30 Juli 2018, akan dilakukan uji coba dengan melibatkan masyarakat umum secara gratis.

"Gratisnya itu nanti kita akan bekerja sama dengan bank tertentu jadi bisa mendapatkan semacam tiket dan itu (masyarakat yang menggunakan LRT Palembang selama 20-30 Juli 2018) gratis," ungkap Budi di Stadion Jakabaring, Palembang, Sabtu (14/7).

Saat ini, Kemenhub juga dalam proses melakukan sertifikasi untuk LRT Palembang menjelang diuji coba dan beroperasi untuk Asian Games 2018. Jika nantinya sudah beroperasi normal, tarif LRT Palembang untuk jarak pendek sebesar lima ribu rupiah dan jika sampai ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menjadi Rp 10 ribu.

Selama Asian Games 2018, LRT Palembang akan melayani empat stasiun saja yaitu Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Bumi Sriwijaya, Cinde, dan Jakabaring. Sementara LRT Jakarta akan melayani perjalanan dengan rute Stasiun Mal Kelapa Gading-Stasiun Kelapa Gading Boulevard-Stasiun Pulomas-Stasiun Pacuan Kuda-Stasiun Velodrome.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA