Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Sudah Tepatkah Vitamin Anda?

Sabtu 14 Jul 2018 06:15 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari

Vitamin

Vitamin

Foto: flickr
Perhatikan klaim berlebihan, hindari jika vitamin promosi berlebihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda secara teratur membeli vitamin dan suplemen untuk meningkatkan kesehatan dan vitalitas? Bila iya, perhatikan tanda peringatan ketika membeli vitamin dan suplemen.

Label menawarkan lebih dari 100 persen RDA AS
Lebih banyak lebih baik, benar? Tidak begitu. Sreekant Cherukuri, MD, seorang otolaryngologist yang praktik  di Munster dan Hobart, Indiana, memperingatkan jika ada vitamin atau mineral menyatakan mengandung lebih dari 100 persen kandugan nutrisi sesuai anjuran US Recommended Dietary Allowance (RDA) menjauhlah.

Vitamin yang larut dalam lemak —yaitu A, D, E, dan K— disimpan di dalam tubuh dan dapat terakumulasi serta menyebabkan bahaya. ”Dosis tinggi vitamin yang larut dalam lemak tertentu seperti vitamin A dan vitamin E telah dikaitkan dengan kanker.”

Vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B dan C, ketika diminum dalam dosis yang terlalu besar, akan dibuang melalui urin. Ini adalah beberapa kesalahan vitamin yang mungkin tidak Anda sadari. Jika mengonsumsi vitamin atau suplemen, periksa label untuk memastikan rekomendasi RDA 100 persen atau kurang.

Klaim berlebihan
Produsen vitamin dan suplemen tidak diperbolehkan membuat klaim bahwa produk mereka dapat membalikkan, mencegah, atau mendiagnosis penyakit atau kondisi apa pun. Tapi itu tidak berarti vitamin tidak atau tidak akan melakukannya. "Jika klaim itu keterlaluan dan menyarankan produk itu diindikasikan untuk penyakit apa pun yang bertentangan dengan kesehatan umum, itu adalah tanda peringatan," kata Dr Cherukuri.

"Jika kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, pergilah. Mereka tidak akan membantu dan mereka dapat membahayakan."

Botol tidak memiliki persetujuan yang sah
Ada baiknya untuk mencari validasi pihak ketiga yang mengatakan apa yang Anda beli sebenarnya ada di dalam botol. Tanda "US Pharmacopeia Verified", Persetujuan Persetujuan ConsumerLab, atau segel NSF adalah tanda-tanda yang baik bahwa Anda mendapatkan apa yang Anda bayar.

Pil Anda dipenuhi dengan sampah
Beberapa lemak dan minyak yang sama yang Anda coba hindari dalam makanan muncul dalam vitamin sebagai pengisi murah. Pengisi lain adalah zat berbahaya-seperti magnesium silikat (alias talc), yang mirip dengan asbes dalam komposisi dan dapat menyebabkan masalah perut dan paru-paru jika Anda menghirup atau menelannya. Hindari pengisi yang berisiko ini dengan membaca label dan meneliti bahan yang tidak diketahui.

Dosisnya terlalu rendah
Beberapa vitamin dan mineral mungkin mengandung jumlah yang terlalu rendah untuk membuat perbedaan yang berarti. Produsen tidak harus  menggunakan jumlah efektif, jadi terserah kepada pembeli untuk melakukan sesuai ketentuan mereka dan tahu apa yang mereka butuhkan dan berapa banyak yang sebenarnya mereka dapatkan. Jika ragu, tanyakan kepada apoteker atau dokter Anda.



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA