Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Moskow Macet

Jumat 13 Jul 2018 08:11 WIB

Red: Joko Sadewo

Kemacetan di Moskow

Kemacetan di Moskow

Foto: republika/citra listya rini
Menyusuri jalanan Moskow di siang hari ternyata kondisinya juga macet.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW — Setelah banyak menghabiskan waktu menggunakan transportasi kereta bawah tanah, Mpok Remps mencoba menggunakan taksi untuk berkeliling Kota Moskow.

Ternyata kondisi jalanan Moskow juga sama seperti Jakarta alias Moskow ternyata juga macet. Padahal transportasi kereta bawah tanah di Moskow sangat baik.

Mpok Remps menduga salah satu penyebab kemacetan di Moskow karena masih banyak warganya yang menggunakan kendaraan pribadi. Mungkin karena pada masa Uni Soviet, hanya segelintir orang yang bisa memiliki mobil pribadi. Jadi memiliki mobil masih menjadi simbol kesuksesan dalam hidup. Sama seperti di Indonesia ya?.

Jadi kita mungkin bisa belajar, bahwa persoalan kemacetan memang tidak bisa lepas dari budaya masyarakatnya. Sekuat apapun pemerintah membangun jalan baru, ataupun memperbaiki fasilitas kendaraan umum, tapi kalau warganya masih belum punya kesadaran, ya ujung-ujungnya macet juga.

Biar gak penasaran Mpok Remps kirim video kemacetan di Moskow, dan kejutan saat ada operasi pemeriksaan surat-surat kendaraan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Jadwal Pertandingan

Selengkapnya
 
Terpopuler
 
Terkomentari