Senin 09 Jul 2018 22:56 WIB

Federasi Kroasia Pecat Staf Pelatih Terkait Video Politis

Video ini memantik kontroversi setelah Kroasia mengalahkan Rusia.

Ognjen Vukojevic
Foto: EPA/SRDJAN SUKI
Ognjen Vukojevic

REPUBLIKA.CO.ID, ZAGREB -- Federasi Sepak bola Kroasia (HNS) memecat Ognjen Vukojevic, staf pelatih tim nasional, terkait video Jayalah Ukraina yang diunggahnya. Video ini memantik kontroversi setelah Kroasia mengalahkan Rusia pada perempat final Piala Dunia 2018.

Vukojevic dan bek Kroasia, Domagoj Vida, mempublikasi video di media sosial setelah pertandingan akhir pekan lalu. Video ini dikritik oleh para politisi Rusia dan memicu peringatan dari komite disiplin FIFA.

Hubungan antara Ukraina dan tuan rumah Piala Dunia Rusia masih panas setelah aneksasi Rusia terhadap semenanjung Krimea pada 2014 dan dukungan mereka terhadap kelompok pro-Rusia di wilayah Timur negeri itu.

HNS mengatakan pada Senin (9/7), telah mencabut akreditasi Vukojevic di Piala Dunia 2018. HNS membebastugaskan Vukojevic sebagai pengamat untuk skuat Kroasia.

"HNS meminta maaf kepada warga Rusia untuk tindakan-tindakan anggota delegasi Kroasia," kata mereka.

Pihaknya mengatakan, Vukojevic dan Vida meminta maaf untuk pernyataan-pernyataan mereka. Keduanya mengatakan bahwa mereka tidak berniat untuk menyuaakan pesan-pesan politik. Namun, mereka menyesali karena memberi ruang untuk interpretasi-interpretasi seperti itu. Baik Vukojevic dan Vida pernah bermain untuk klub Ukraina, Dynamo Kiev.

Kroasia akan berhadapan dengan Inggris di semifinal turnamen di Moskow pada Kamis (12/7) dini hari WIB.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement