Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

Akhirnya, Tontowi/Liliyana Bungkam Kutukan Istora Senayan

Ahad 08 Jul 2018 18:30 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjuarai turnamen Blibli Indonesia Open 2018 Super 1000, Ahad (8/7).

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjuarai turnamen Blibli Indonesia Open 2018 Super 1000, Ahad (8/7).

Foto: Humas PBSI
Chan/Goh berharap bisa bertemu dengan Tontowi/Liliyana sebelum Liliyana pensiun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia meraih satu gelar juara di turnamen Blibli Indonesia Open 2018 Super 1000 melalui pasangan ganda campuran unggulan pertama, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Di babak final, Tontowi/Liliyana berhasil mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, Ahad (8/7).

Liliyana menjadi motor penyerang dalam menembus daerah pertahanan Chan/Goh. Beberapa kali Liliyana menang dalam adu bola-bola di depan net melawan Goh Liu Ying yang kemudian dieksekusi dengan baik oleh Tontowi. Tontowi/Liliyana unggul tipis 11-10 di paruh gim.

Sempat unggul 13-10 usai jeda, Chan/Goh mampu menempel ketat perolehan angka dengan 13-13. Setelahnya, Tontowi/Liliyana terus menyerang Chan/Goh dan unggul dari 17-10, 20-15 dan merebut gim pertama dengan 21-17.

Dominasi permainan Tontowi/Liliyana terus dilanjutkan di gim kedua. Tontowi/Liliyana dengan cerdik menempatkan bola-bola depan bervariasi dengan bola drive silang ke belakang yang sukses menekan lawan.

Beberapa kesalahan sendiri seperti bola menyangkut di net kerap dilakukan Chan/Goh. Tontowi/Liliyana unggul jauh 11-3 di paruh gim. Keunggulan angka terus dipertahankan Tontowi/Liliyana hingga memenangkan pertandingan dengan 21-8.

Kemenangan ini membuat Tontowi/Liliyana meruntuhkan 'kutukan' Istora Senayan yang kerap menghantui pasangan ini. Memang Tontowi/Liliyana menjuarai Indonesia Open 2017 lalu, namun saat itu turnamen diselenggarakan di Gedung Jakarta Convention Center (JCC), bukan di Istora Senayan.

"Kami bermain tak bagus, sudah kalah dengan Tontowi/Liliyana," kata Chan Peng Soon dalam jumpa pers usai pertandingan.

Goh menambahkan riuhnya dukungan dari para penonton di Istora Senayan memang sempat mengganggu permainannya. "Masa saya bincang (dengan Chan saat pertandingan), tak dapat didengar. Kami ucapkan selamat untuk Tontowi/Liliyana," kata Goh.

Saat ditanya soal rencana Liliyana Natsir yang akan 'gantung raket' pada tahun ini, Chan berharap masih bisa bertemu dengan pasangan ini dulu. "Saya harap masih bisa bertemu satu kali lagi sebelum Liliyana retired (pensiun)," seloroh Chan sambil tertawa.

Sementara itu, Tontowi dan Liliyana mengucapkan terima kasih atas dukungannya dari para penonton di Istora Senayan. "Saya ucapkan terima kasih kepada semua penonton hari ini," kata Liliyana di tengah lapangan.

"Saya juga berterima kasih kepada keluarga yang sudah mendukung sampai sejauh ini," kata Tontowi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA