Ahad 08 Jul 2018 05:59 WIB

Pelatih Rusia Sebut Timnya Telah Membuktikan Diri

Tuan rumah ditumbangkan Kroasia dengan skor 3-4 (2-2) lewat adu penalti.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Stanislav Cherchesov
Foto: AP Photo/Matthias Schrader
Stanislav Cherchesov

REPUBLIKA.CO.ID, SOCHI — Timnas Rusia gagal melanjutkan ambisi menembus semifinal Piala Dunia 2018. Tuan rumah ditumbangkan Kroasia dengan skor 3-4 (2-2) lewat adu penalti pada laga perempat final di Stadion Sochi, Ahad (8/7).

Meski gagal menuju semifinal, pencapaian Rusia di Piala Dunia tahun ini dinilai sebagai hasil yang membanggakan. Pelatih Stanislav Cherchesov mengatakan, hasil maksimal tahun ini sudah menjawab keraguan dunia atas prestasi sepak bola Rusia.

“Kami hanya bisa membuktikan kelayakan kami dengan bekerja keras. Saya percaya bahwa orang-orang tak sekadar mulai mempercayai kami, tapi mereka juga mencintai kami,” ujar dia usai laga, dikutip BBC. Cherchesov merasa masyarakat Rusia merasa mulai memiliki timnas kebanggaannya. 

Rusia membuat kejutan di Piala Dunia 2018 yang digelar di negara sendiri. Tim berjuluk Sbornaya itu bukan unggulan. Akan tetapi, Igor Akinfeev cs mampu menembus babak 16 besar sebagai runner-up Grup A.

Pada babak 16 besar, Rusia menumbangkan juara Piala Dunia 2010 Spanyol, lewat adu penalti 4-3 setelah keduanya bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Hasil tersebut membuat Rusia menginjakkan kakinya di perempat final dan berjumpa Kroasia. Capain Rusia menembus babak delapan besar menjadi prestasi tertinggi skuat Sbornaya dalam 48 tahun terakhir. Selama 10 edisi Piala Dunia, Rusia tak sekalipun mampu menembus babak perempat final.

Terakhir kali Rusia berada di partai delapan besar, pada Piala Dunia 1970 di Meksiko. Waktu itu, Rusia masih bernama Uni Soviet. Namun partai perempat final 48 tahun lalu, berakhir dengan kekalahan 0-1 dari Uruguay. 

Lepas itu, timnas Rusia bukan lagi menjadi timnas yang diperhitungkan. Bahkan di negaranya sendiri, timnas Rusia bukan menjadi tim yang difavoritkan. Tetapi, kerja keras Sbornaya tahun ini mengembalikan kepercayaan.

“Mereka kini tahu apa artinya timnas Rusia bagi mereka,” sambung Cherchesov. Selanjutnya kata dia, Rusia harus mampu berambisi lebih. Ia berharap yang dicapai pasukannya saat ini sudah mengubah situasi ke arah yang lebih baik.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement