Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

PSSI Optimistis Timnas Tembus Semifinal Asian Games

Jumat 06 Jul 2018 07:58 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah

Pelatih Timnas U-23 Luis Milla (kiri) memberikan arahan dalam sesi latihan di Lapangan ABC, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (24/4).

Pelatih Timnas U-23 Luis Milla (kiri) memberikan arahan dalam sesi latihan di Lapangan ABC, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (24/4).

Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Di Grup A, Indonesia tergabung dengan Hongkong, Laos dan Cina Taipei

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas sepak bola Indonesia dinilai mampu menembus target empat besar Asian Games 2018. Sekertaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Ratu Tisha Destria mengatakan, sikap percaya diri PSSI semakin tinggi dengan menengok hasil pengundian grup sepak bola.

"Target kita tetap di empat besar. Dan fokus kita saat ini harus bisa lolos fase grup dengan baik," ujar dia saat ditemui disua usai pembagian grup sepak bola Asian Games di Jakarta, Kamis (5/7) kemarin.

Indonesia bergabung di Grup A bersama Hongkong, Laos, Cina Taipei. Rangking dunia versi FIFA, tiga negara lawan Garuda di Grup A cuma dua yang berada di peringkat  atas. Yakni Taipe yang berada di rangking ke-123, dan Hongkong di peringkat ke-142. Indonesia di tangga ke-164 menyusul Laos di peringkat ke-178 dunia.

Meski berada di bawah Taipe dan Hongkong, lawan berat timnas Garuda  sebetulnya ada di Asia Tenggara. Yakni Thailand dan Vietnam, serta Myanmar juga Malaysia. Saat pengundian, rival dari kawasan tersebut terpencar di grup yang terpisah.

Lawan berat timnas Indonesia juga ada dari Asia Timur seperti Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) yang menjadi juara dan runner up Asian Games 2018, juga Jepang. Namun hasil pengundian, juga menempatkan ketiga negara itu dalam grup berbeda. Sedangkan dari kawasan Asia Tengah, Irak dan Iran, serta Uzbekistan juga terpisah.

"Untuk saat ini, PSSI meminta timnas tetap fokus berlatih. Timnas harus melewati pertandingan pertama dengan baik," sambung Ratu.

Ratu mengatakan skuat asuhan Luis Milla selama tujuh bulan belakangan sudah menjajal timnas dari negara-negara tangguh proyeksi Asian Games. Karena itu, ujar Ratu, saat ini yang paling krusial adalah memastikan Indonesia mampu lolos fase grup.

"Ke depan, PSSI tetap meminta timnas untuk melakukan pertandingan uji coba dan mematangkan komposisi pemain," ujar dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA