Rabu 04 Jul 2018 19:48 WIB

Inasgoc: Drawing Sepak Bola Diikuti 32 Negara Peserta

Cabang sepak bola mempertandingkan tim putra dan putri

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah
Pemain Sepakbola Indonesia U23 melakukan sesi foto dalam laga persahabatan melawan Thailand U23 di lapangan sepakbola PTIK di Jakarta, Kamis (32/5) Malam.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Pemain Sepakbola Indonesia U23 melakukan sesi foto dalam laga persahabatan melawan Thailand U23 di lapangan sepakbola PTIK di Jakarta, Kamis (32/5) Malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) memastikan pertandingan cabang olahraga (cabor) sepak bola akan diikuti sebanyak 32 negara. Pengundian grup akan dilakukan pada Kamis (5/7) di Jakarta.

Sekertaris Jenderal (Sekjen) Inasgoc Eris Haryanto menyampaikan, jumlah peserta tersebut tak jauh beda dari angka partisipasi negara-negara yang mendaftar.

"Perkembangan sampai hari ini (4/7), update-nya kira-kira sekitar 32 negara itu," ujar Eris saat dihubungi, Rabu (4/7). 

Dari jumlah tersebut terdapat negara-negara raksasa sepak bola di kawasan Asia Timur. Seperti juara Asian Games 2010 Jepang, termasuk Korea Selatan yang menjadi juara Asian Games 2014.

Negara dari kawasan Asia Tengah seperti Qatar, juara Asian Games 2006, Irak, Iran, juga berpartisipasi. Termasuk Uzbekistan. Sementara di negara-negara Asia Tenggara, cuma Singapura yang absen.

"Besok (5/7) kita lakukan drawing (pengundian) grup," ujar Eris.

Pembagian grup peserta sepak bola akan digelar di Jakarta sebagai salah satu tuan rumah Asian Games. Tetapi, bukan cuma sepak bola, Inasgoc sekaligus akan melakukan pengundian grup enam cabor beregu lainnya.

Khusus cabor sepak bola, total jumlah negara peserta rencananya akan dibagi ke dalam delapan grup. Satu grup masing-masing diisi empat negara.

Sekertaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Ratu Tisha Destria mengatakan, sepak bola sebagai salah satu cabor dengan jumlah pertandingan yang padat. Inasgoc hanya menyediakan empat stadion sebagai tempat pertandingan. Semuanya ada di Jawa Barat (Jabar).

Yakni stadion Pakansari yang ada di Bogor, dan Patriot Candrabhaga, juga Wibawa Mukti di Bekasi. Satu stadion lainnya, Si Jalak Harupat yang ada di Bandung.

Sementara sepak bola wanita, pertandingan hanya fokus di satu stadion. Yakni di Gelora Jakabaring, Palembang. "Timnas (Indonesia U-23) akan mengambil homebase (markas) di stadion Patriot, Bekasi," kata Ratu.

Selama pertandingan, masing-masing negara akan menurunkan skuat kombinasi U-23 dengan tambahan tiga pemain senior. Indonesia U-23 menargetkan menembus babak semifinal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement