Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

30 Peserta PKG di Cina Kembali ke Sumsel

Rabu 04 Jul 2018 19:14 WIB

Rep: Maspril Aries/ Red: Agus Yulianto

 Peluncuran program kuliah gratis oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Sumatera Selatan, Sabtu (22/8).   (Republika/Masprill Aries)

Peluncuran program kuliah gratis oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Sumatera Selatan, Sabtu (22/8). (Republika/Masprill Aries)

Para mahasiswa tersebut meraih sejumlah prestasi akademik.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Program kuliah gratis (PKG) yang dicanangkan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin bagi siswa lulusan SMA dan SMK di daerah ini, telah membuahkan hasilnya. Sebanyak 30 mahasiswa peserta PKG yang kuliah di Cina sejak 2015 lalu, kini sudah kembali ke Sumsel.

30 Orang para peserta PKG tersebut, Rabu (4/7) diterima Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo di kantor Dinas Pendidikan Sumsel di Jalan Kapten A Rivai. 30 pesereta PKG tersebut adalah alumni dari Nanjing Polytechnic Institute dan Wuxi Institute of Technology di Cina.

“Mereka pulang ke Sumsel setelah menjalani pendidikan sejak 2015 melalui Program Kuliah Gratis tahun pendidikan mereka sudah selesai. Selama menjalani pendidikan di Cina ternyata para mahasiswa tersebut meraih sejumlah prestasi akademik,” kata Widodo.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Sumsel capaian prestasi dari penerima PKG tersebut membuktikan semangat dan kualitas pendidikan anak-anak Sumatera Selatan tidak kalah dengan mahasiswa dari negara lain. “Ke depan PKG akan terus bergulir demi mencetak generasi muda Sumsel yang mampu bersaing dan sejajar dengan negara-negara lain,” katanya.

Setelah kembali ke Tanah Air, Widodo mengharapkan, para peserta PKG sebagai anak-anak Sumatera Selatan bisa mengharap bisa berkontribusi positif untuk kemajuan Sumatera Selatan dan masing-masing daerah. “Ini harapan kita semua, semoga kualitas pendidikan di Sumatera Selatan akan terus meningkat dan menjadi aset masa depan bangsa,” pesannya.

Koordinator penerima PKG Sumsel angkatan kedua Metri Anjasuma mengatakan, pihaknya telah selesai menjalankan pendidikan tinggi di Cina melalui program kuliah gratis Pemprov Sumsel. "Insya Allah program ini sangat bermanfaat bagi kami semua,” katanya.

Metri Anjasuma menjelaskan, selama berkuliah di Nanjing Polytechnic Institute dan Wuxi Institute of Technology beberapa peserta PKG berhasil meraih banyak prestasi termasuk menjadi lulusan terbaik. Para peserta bisa sukses berkat dukungan dari pemoprov melalui PKG yang dicanangkan Gubernur Alex Noerdin. "Selama berkuliah kami sangat termotivasi untuk terus mengejar prestasi dan mengharumkan nama Sumsel,” ujarnya.

Dari 30 orang peserta PKG Sumsel angkatan kedua yang telah kembali ke Indonesia, 14 orang sudah mendapatkan pekerjaan yang langsung yang ditawarkan dari perusahaan Cina yang berada di Indonesia. “Sisanya ada yang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Cina,”  kata Metri Anjasuma. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA