Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Rektor Senang UB Jadi Kampus Paling Diminati di SBMPTN

Rabu 04 Jul 2018 09:01 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Esthi Maharani

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya

Foto: panoramio.com
Hal itu membuktikan UB memiliki academic atmoster yang kondusif

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Rektor Universitas Brawijaya (UB) Periode 2018 hingga 2022, Prof Nuhfil Hanani mengaku cukup senang dengan diakuinya UB sebagai kampus paling diminati dalam Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018. Capaian terebut merupakan bukti atas segala hal yang dimiliki universitas yang berada di Kota Malang ini.

"Cukup senang. Ini membuktikan bahwa UB sebagai universitas yang memiliki academic atmosfer kondusif," ujar dia melalui pesan singkat yang diterima Republika.

Dengan capaian ini, UB tentu tak akan berhenti untuk memperbaiki diri ke depannya. Menurut Nuhfil, UB akan berupaya meningkatkan akreditasi program studi. Tak hanya itu, capaian ini juga diharapkan berlaku di ranah instansi sehingga UB tetap akan diminati ke depannya.

(Baca: Selamat!! Sebanyak 165.831 Peserta Dinyatakan Lulus SBMPTN)

Sebelumnya, UB pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) Tahun 2018 menjadi universitas terfavorit dalam bidang saintek (sains dan teknologi). Sementara itu, dalam bidang sosial humaniora (soshum) Universitas Padjajaran (UNPAD) berhasil menjadi pilihan perguruan tinggi terfavorit.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir mengatakan, ada 5.995 peserta yang mendaftar ke UB untuk bidang saintek. Sementara untuk soshum peserta terbanyak peserta ke UNPAD dengan total peserta sebanyak 58.627.

"Tapi itu berdasarkan pada pendaftar terbanyak ya, peserta yang diterimanya beda lagi," kata Nasir di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, Selasa (3/7).

Selanjutnya, urutan kampus yang paling banyak pendaftar pada bidang saintek setelah Universitas Brawijaya yakni Universitas Hasanuddin, Universitas Padjajaran, Universitas Dipenogoro, UGM, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Andalas.

Sementara itu, untuk pendaftar terbanyak bidang soshum setelah UNPAD, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Negeri Surabaya.

Program studi (prodi) yang paling banyak diminati hampir sama dengan tahun sebelumnya. Untuk bidang saintek yaitu Ilmu Kedokteran, Farmasi, Teknik Informatika. Sedangkan untuk Soshum yang paling banyak diminati yaitu Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Komunikasi

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA