Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Perjalanan Karier Syed Saddiq Jadi Menpora Berusia 25 Tahun

Senin 02 Jul 2018 17:31 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nur Aini

Syed Saddiq, menteri termuda di jajaran kabinet Malaysia.

Syed Saddiq, menteri termuda di jajaran kabinet Malaysia.

Foto: Instagram
Syed Saddiq menjadi menteri termuda dalam sejarah Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, PETALING JAYA -- Syed Saddiq Syed Abdul Rahman menjadi menteri termuda di jajaran kabinet Malaysia. Syed, yang akan berusia 26 tahun pada 6 Desember, dilantik sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga ke- 18 pada Senin (2/7), dilaporkan The Star Online.

Penunjukan Syed sebagai menteri di bawah pemerintahan Pakatan Harapan yang baru juga merupakan sejarah tersendiri, karena ia adalah menteri termuda yang pernah ada dalam sejarah negara Malaysia. Pendahulunya, Khairy Jamaluddin adalah menteri termuda negara itu ketika ia diangkat ke Kabinet dalam usia 37 tahun pada 2013.

Syed adalah lulusan hukum dari International Islamic University dan baru-baru ini menolak tawaran kedua dari Universitas Oxford untuk mengejar gelar Master dalam Kebijakan Publik. Bertubuh tinggi dan cerdas, Syed mapan di komunitas debat sebelum dia memasuki arena politik. Ia memenangkan penghargaan Pembicara Terbaik Asia di Kejuaraan Debat Asia Inggris Parlemen (ABP) sebanyak tiga kali.

Namanya naik dalam politik Malaysia setelah ia memenangkan konstituensi parlemen Muar dalam Pemilihan Umum ke-14 negara itu. Ia mengalahkan kandidat pejawat Barisan Nasional, Datuk Seri Razali Ibrahim. Razali juga mantan wakil pemuda dan menteri olah raga dari 2009-2013.

Top shuttler Malaysia Lee Chong Wei sebelumnya mengatakan dia menantikan penunjukan menteri olah raga baru, yang dia harap akan mengadopsi pendekatan langsung.

"Seperti yang kita tahu, mantan menteri Khairy melakukan pekerjaan yang hebat. Di bawah Khairy, atlet yang tampil bagus di Olimpiade Rio pada tahun 2016 menikmati insentif besar," kata atlet tersebut.

"Malaysia juga muncul sebagai juara umum di Sea Games Kuala Lumpur tahun lalu, dan kami juga menghasilkan beberapa juara dunia. Saya yakin menteri baru akan melakukan pekerjaan yang baik juga," kata Chong Wei, yang mengantongi gelar Malaysia Open ke 12 pada hari Ahad (1/7). Khairy juga mengucapkan selamat kepada menteri baru di media sosial.

"Selamat kepada Syed Saddiq atas pengangkatannya sebagai Menteri Pemuda dan olahraga yang baru. Saya berdoa semoga Anda akan membawa lebih banyak kesuksesan ke negara ini," kata mantan Menpora tersebut di akun Twitternya.

Datuk Seri Abdul Azim Mohd Zabidi, ketua kontingen Malaysia untuk Asian Games dan ketua National Sports Institute mengatakan usia muda Syed Saddiq akan terbukti bermanfaat. "Saya pikir itu adalah pilihan yang paling tepat mengingat usia dan vitalitasnya. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Syed Saddiq dan berharap untuk mendapatkan dukungan penuhnya terutama dengan Asian Games di Indonesia lebih dari sebulan lagi." kata Abdul Azim.

"Dia muda dan akan membawa ide-ide baru untuk industri olahraga di Malaysia. Saya berharap akan ada lebih banyak dukungan untuk olahraga motor," kata Nabil Jeffri, seorang pengemudi Malaysia yang mengambil bagian dalam 24 Jam Le Mans balapan bulan lalu.

Steven Sim Chee Keong juga dilantik sebagai Wakil Menteri Olahraga. Sebanyak 13 menteri dan 23 wakil menteri menerima surat penunjukan mereka dari Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V pada hari Senin.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA