Senin 02 Jul 2018 15:11 WIB

Catatan Mentereng Iniesta Bersama La Roja Berakhir di Rusia

Pemain 34 tahun itu memainkan 131 laga buat Spanyol.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Hazliansyah
Andres Iniesta (kiri) yang menciptakan gol pertama untuk Spanyol melawan Maroko, Senin (25/6).
Foto: CNN
Andres Iniesta (kiri) yang menciptakan gol pertama untuk Spanyol melawan Maroko, Senin (25/6).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Kandasnya langkah Spanyol di Piala Dunia 2018 juga menandakan berakhirnya perjalanan Andres Iniesta bersama La Furia Roja, Ahad (1/7) malam WIB. Iniesta memutuskan untuk pensiun dari timnas.

Sayangnya Iniesta tidak bisa memberikan kado manis di laga terakhirnya. Spanyol kalah di momen adu penalti dengan tuan rumah Rusia.

Iniesta sendiri baru masuk di babak kedua. Didikan akademi La Masia Barcelona itu masuk menggantikan David Silva. 

Akan tetapi Iniesta termasuk salah satu penendang penalti Spanyol yang sukses melaksanakan tugasnya.

Pensiunnya Iniesta menjadi kehilangan besar buat Tim Matador. Iniesta termasuk salah satu gelandang berpengaruh buat Spanyol dalam dua dekdade terakhir.

Pemain 34 tahun itu memainkan 131 laga buat Spanyol sejak tahun 2006. Jumlah yang cukup banyak yang membuat Iniesta termasuk ke dalam daftar pemain berpengaruh Spanyol bersama Sergio Ramos, Iker Casillas dan Xavi Hernandez.

photo
Andres Iniesta

Iniesta sudah memberikan satu gelar Piala Dunia dan dua Piala Eropa buat negaranya.

Dalam karier internasionalnya, Andres sudah mencetak 13 gol buat Spanyol. Gol Iniesta yang paling berarti yaitu gol tunggal yang ia buat ke gawang Belanda di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Gol yang membawa Spanyol untuk kali pertama menjadi juara dunia.

Iniesta memang membuat langkah besar tahun ini. Sebelum memutuskan pensiun dari tim nasional, ia juga memutuskan hengkang dari Barcelona. Satu-satunya klub yang ia bela sejak memulai karier profesional 2002 silam.

Iniesta pergi dari sepak bola Eropa untuk mencari tantangan baru. Ia memilih Vissel Kobe di Liga Jepang. Klub yang nanti membuatnya satu tim dengan mantan striker Jerman Lukas Podolski.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement