Ahad 01 Jul 2018 20:18 WIB

Jumpa Tuan Rumah, Hierro Siap Patahkan Rekor Buruk Spanyol

Juara Piala Dunia 2010 ini selalu gagal melaju saat berjumpa tim tuan rumah.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
Fernando Hierro
Foto: AP Photo/Petr David Josek
Fernando Hierro

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Timnas Spanyol dalam bayang-bayang mengerikan jelang pertandingan melawan Rusia pada babak 16 Besar Piala Dunia 2018. Sebab, La Furia Roja menyimpan rekor buruk ketika bertemu tuan rumah pada fase knock-out.

Menilik dari catatan terdahulu, juara Piala Dunia 2010 selalu gagal melangkah saat berjumpa tim tuan rumah. Cerita pertama terjadi pada Piala Dunia 1934 di Italia. Spanyol kalah 0-1 dari Gli Azzurri melalui gol Giuseppe Meazza.

Kemudian tragedi tersebut terulang pada Piala Dunia 1950 melawan Brasil dan terakhir menyerah 3-5 lewat adu penalti saat bertemu Korea Selatan di Piala Dunia 2002.

Namun, pelatih anyar timnas Spanyol Fernando Hierro tak ingin menengok ke belakang dan merasa optimistis timnya mampu menggusur Rusia dari turnamen sepak bola terakbar di dunia.

"Rekor ada di sana untuk dipatahkan. Untuk apa kami melihat masa lalu? Saat ini kami memiliki segalanya dan siap untuk memainkan pertandingan," kata Hierro dikutip Reuters, Ahad (1/7).

Bisa dibilang penampilan Spanyol dalam tiga pertandingan terakhir terbilang biasa saja. David Silva dan kolega kerap tertinggal gol lebih dulu dari sang lawan.

Menanggapi hal tersebut Silva menilai tugas timnya saat ini adalah meminimalisasi terjadinya kesalahan dalam 90 menit pertandingan. "Sepak bola tak luput dari kesalahan, tapi tim yang sedikit membuat kesalahan mungkin akan menang. Kami perlu menghindari hal itu."

Partai nanti bakal digelar di Stadion Luzhnik, Moskow, Ahad (1/7), pukul 21.00 WIB. Merujuk pada enam pertemuan terakhir kedua tim, Spanyol lebih diunggulkan karena mengumpulkan empat kemenangan dan dua hasil imbang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement