Sabtu 30 Jun 2018 09:45 WIB

Eriksson: Inggris Lebih Mudah Hadapi Brasil daripada Swedia

Ia memperkirakan, Brasil dan Inggris akan lolos ke babak perempat final.

Sven-Goran Eriksson
Foto: EPA/Claudio Bresciani
Sven-Goran Eriksson

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Mantan manajer timnas Inggris Sven-Goran Eriksson menganggap Inggris salah perhitungan jika berpikir berada di jalur lebih mudah pada babak gugur Piala Dunia 2018. Status sebagai runner-up Grup G membuat Inggris kemungkinan akan terhindar dari Brasil jika lolos dari adangan Kolombia pada babak 16 besar.

Beberapa pihak percaya bahwa kekalahan dari Belgia dalam pertandingan terakhir Grup G mereka bisa membantu Inggris. Tetapi Eriksson mengatakan tim asuhan Gareth Southgate justru memiliki lebih banyak peluang mengalahkan Brasil. Ia memperkirakan, Brasil dan Inggris akan lolos ke babak perempat final. Tim Samba akan mampu mengatasi Meksiko pada babak 16 besar. Begitu juga Inggris yang bisa menyingkirkan Kolombia dengan sejumlah syarat.

"Saya sedikit terkejut karena semua orang tampaknya bahagia dengan Inggris, Mereka berpikir Inggris sekarang berada di sisi yang benar dari hasil penyisihan Piala Dunia karena mereka bisa menghindari Brasil untuk laga berikutnya," kata pelatih asal Swedia itu.

Pria 70 tahun ini memperkirakan Inggris akan bertemu Swedia pada perempat final. Ia percaya, Swedia dapat mendepak Swiss dari babak 16 besar. Di sinilah ia menilai Inggris akan menuai masalah.

"Akan lebih mudah bagi Inggris untuk mengalahkan Brasil daripada mengalahkan Swedia menurut pendapat saya. Swedia hari ini adalah tim yang sangat sulit untuk ditembus," kata Eriksson.

Ia menerangkan, Swedia bermain sangat solid sebagai tim. Penyerang mereka dengan disiplin menjadi pemain bertahan ketika timnya diserang. Swedia juga apik ketika menggalang pertahanan di daerahnya.

"Selama waktu saya bersama Inggris, kami bertemu mereka empat kali. Kami kalah sekali, yang lainnya imbang, dan sebelum itu Swedia telah mengalahkan Inggris di pertandingan besar," kata Eriksson mengingatkan.

Lihat jadwal lengkap babak gugur Piala Dunia 2018:

photo
Jadwal lengkap babak gugur Piala Dunia 2018

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement