Sabtu 30 Jun 2018 04:07 WIB

Warga Pasar Minggu Gelar Pawai Replika Obor Asian Games 2018

Aksi merupakan kolaborasi aparat pemerintahan beserta segenap warga.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani
Kampung hias Asian Games 2018 di Palembang, Sumatra Selatan.
Foto: Istimewa
Kampung hias Asian Games 2018 di Palembang, Sumatra Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga Kecamatan Pasar Minggu akan menggelar pawai replika obor Asian Games 2018. Kegiatan yang melibatkan ratusan warga di tujuh kelurahan tersebut direncanakan berlangsung pada Ahad (1/7).

Nurrokhim, koordinator pawai di Kelurahan Pasar Minggu, menginformasikan bahwa acara digagas untuk menyambut Asian Games 2018. Aksi merupakan kolaborasi aparat pemerintahan beserta segenap warga.

"Gerakan di tingkat kelurahan berlangsung di bawah koordinasi kecamatan, gayung bersambut dengan warga. Ghirah kami adalah bagaimana Asian Games semakin bergaung dan dekat dengan masyarakat," ujar Nurrokhim.

Dia menyampaikan, kegiatan dimulai sejak pukul 06.30 pagi. Penyerahan replika obor dari Wakil Wali Kota Jakarta Selatan kepada Camat Pasar Minggu Agus Irwanto disusul dengan membawa obor berkeliling dari Kelurahan Pejaten Timur, Pasar Minggu, menuju Jagakarsa.

Ketua RW 02 di Kelurahan Pasar Minggu itu mengatakan, pawai replika obor menjadi wujud kebanggaan warga terhadap penyelenggaraan Asian Games. Gerakan spontan itu menunjukkan dukungan dan kepedulian masyarakat.

"Tujuan akhirnya, gerakan kecil ini bisa semakin membangkitkan euforia menyambut Asian Games yang merupakan momentum pintu masuknya kegiatan-kegiatan internasional," ucap pria 52 tahun tersebut.

Obor Asian Games 2018 merupakan paduan dari dua senjata tradisional khas Jakarta dan Palembang (Sumatra Selatan), golok dan skin. Perpaduan tersebut menjadi simbolisasi bersatunya ragam budaya di Indonesia untuk satu tujuan.

Asian Games 2018 berlangsung mulai 18 Agustus 2018 di Jakarta dan Palembang. Gelaran pesta olahraga terbesar di Asia tersebut diikuti 45 negara peserta dengan 40 cabang olahraga dan 462 nomor perlombaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement