Jumat 29 Jun 2018 17:54 WIB

Venue Asian Games di Jabar Sudah Siap Digunakan

Rumput di Stadion Si Jalak Harupat sudah siap 60 persen.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) dan Penjabat Gubernur Jawa Barat M. Iriawan (kiri) memberikan keterangan saat jumpa pers di Kantor Inasgoc, Jakarta, Jumat (29/6).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) dan Penjabat Gubernur Jawa Barat M. Iriawan (kiri) memberikan keterangan saat jumpa pers di Kantor Inasgoc, Jakarta, Jumat (29/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Mochamad Iriawan, mengatakan sejumlah venue cabang olahraga di Jawa Barat sudah siap digunakan. Ia memastikannya jelang puncak pelaksanaan kompetisi olahraga internasional Asian Games 2018 yang akan berlangsung pada Agustus mendatang.

Provinsi Jawa Barat menjadi venue terbesar kedua setelah Jakarta dalam penyelenggaraan Asian Games 2018. Sejumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan di provinsi itu, di antaranya sepak bola, kano slalom, paragliding, road bicycle racing, dan mountain bike cycling.

"Secara keseluruhan kami siap melaksanakan Asian Games 2018, termasuk persiapan venuenya," kata Iriawan dalam siaran persnya, Jumat. Iriawan menghadiri Rapat Persiapan Asian Games bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Sekretariat Inasgoc, Senayan, Jakarta, Jumat ini.

Dia mencontohkan progres persiapan Stadion sepak bola Si Jalak Harupat Soreang. Persiapan infrastruktur stadion yang berada di Kabupaten Bandung ini sudah mencapai 75 persen.

"Untuk rumput di Stadion Si Jalak Harupat sudah 60 persen, karena menanam rumput di stadion ini memang sedikit sulit, perlu teknik khusus," katanya.

Begitupun stadion Pakansari Kabupaten Bogor. Infrastrukturnya sudah siap 75 persen dan rumput siap 90 persen. Adapun perbaikan infrastruktur Stadion Patriot Kota Bekasi sudah mencapai 75 persen dengan kesiapan rumput 90 persen.

"Begitu pula Stadion Wibawamukti Kabupaten Bekasi yang keseluruhan infrastrukturmya 75 persen dengan penanaman rumput sudah 90 persen," jelas Iwan.

Sementara itu, venue road bicycle racing di Kabupaten Subang akan melewati rute Dolog - Purwakarta- Karawang - Jalan Cagak. Persiapannya sudah mencapai 75 persen. "Di sini perlu rekayasa lalu lintas, jalan akan ditutup sepanjang 145 km selama 3 jam, nanti ada 'water barrier' dan 'traffic cone'," ujarnya.

Sedangkan cabang olahraga paragliding, Iwan menyebut, akan diselenggarakan di Gunung Mas Puncak di Kabupaten Bogor. Infrastrukturnya saat ini sudah 80 persen.

Selain itu, cabang olahraga kano slalom akan diselenggarakan di Bendung Rentang Majalengka. Kesiapan infrastruktur sudah mencapai 80 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement