Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Real Count Pilwalkot Bandung, Oded-Yana Unggul

Jumat 29 Jun 2018 17:36 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Andri Saubani

Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung Oded M Danial dan Yana Mulyana.

Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung Oded M Danial dan Yana Mulyana.

Foto: Republika/Edi Yusuf
KPU masih terus melakukan penghitungan cepat melalui formulir C1 di TPS.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pasangan Oded M Danial-Yana Mulyana hampir dipastikan akan memimpin Kota Bandung selama lima tahun ke depan. Hal ini dilihat berdasarkan data real count yang diakses melalui laman Komisi Pemilihan Umum (KPU).

KPU masih terus melakukan penghitungan cepat melalui formulir C1 di TPS. Hingga pukul 16.20 WIB, KPU telah berhasil merampungkan pengumpulan data 4.274 TPS dari total 4.419 TPS yang ada. Sehingga, sudah 96,72 persen suara yang masuk di pilwalkot Bandung.

Dari data yang sudah masuk di infopemilu.kpu.go.id, Oded-Yana unggul dengan perolehan suara 612.262 suara. Jumlah itu sekitar 49,96 persen atau hampir setengah dari pemilih di Kota Bandung.

Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok mengatakan bahwa saat ini penghitungan suara masih dilakukan di tingkat kecamatan. Penghitungan suara yang telah dilakukan sudah lebih dari 90 persen.

"Sesuai hasil, yang unggul sementara berdasarkan entry data nomor urut 3. Posisi kedua, nomor urut 2, dan posisi ketiga nomor urut 1. Untuk perolehan suara nanti belum selesai entry data, dan maksimal entry data hari ini tinggal tiga persenan lagi," kata Rifqi saat dihubungi, Jumat (29/6).

Rifqi mengatakan, tempat kedua ditempati pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna yang dilihat dari data KPU memperoleh 319.643 suara atau 26,08 persen. Sementara  itu, pasangan Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat berada di posisi terakhir dengan perolehan sebanyak 293.689 suara atau 23,96 persen

Ia mengatakan, proses rekapitulasi data akan dilakukan secara bertahap. Saat ini rekapitulasi dilakukan di tingkat kecamatan hingga 4 Juli yang dimulai sejak 28 Juni kemarin.

Setelah proses penghitungan di tingkat kecamatan selesai, proses berikutnya akan dilanjutkan ke tingkat kota pada 4-6 Juli. Setelah itu, pengumuman akan dilakukan pada 6 Juli 2018.

"Di tingkat kota (rekapitulasi suara) akan mulai dilakukan kemungkinan 4-6 Juli kita akan koordinasi dengan tingkat provinsi. Untuk pengumuman akan dilakukan pada 6 Juli untuk wali kota dan gubernur di tingkat kota" tuturnya.

Pelaksanaan pilkada serentak 2018 telah dilakukan pada Rabu (27/6) kemarin. Kota Bandung sebagai salah satu daerah yang menggelar pesta demokrasi rakyat ini berhasil berjalan dengan kondusif dan aman.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA