Jumat 29 Jun 2018 09:55 WIB

KOI Gelar Jakarta Fun Run untuk Demamkan Asian Games

Fun Run akan diikuti oleh 7.000 peserta.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Cheif de Mission Tim Indonesia Komjen Pol Syafruddin (kanan) dan Ketua Umum KOI Erick Thohir memberikan keterangan terkait pelaksanaan Asian Games Fun Run di Jakarta, Kamis (28/6).
Foto: Republika/Prayogi
Cheif de Mission Tim Indonesia Komjen Pol Syafruddin (kanan) dan Ketua Umum KOI Erick Thohir memberikan keterangan terkait pelaksanaan Asian Games Fun Run di Jakarta, Kamis (28/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah digelar di puluhan kota Asia, kini giliran Jakarta dan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018 menggelar fun run. Kegiatan yang merupakan kolaborasi Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akan dilaksakan pada Ahad (1/7) di dua kota tersebut.

Fun Run akan diikuti oleh 7.000 peserta, terbagi 5.000 di Jakarta dan 2.000 di Palembang. Fun Run di Jakarta akan mengelilingi Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno (GBK) sementara di Palembang akan mengelilingi Jakabaring Sports City.

Ketua KOI Erick Thohir menjelaskan, fun run ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh berbagai negara Asia untuk meningkatkan antusiasme masyarakat dalam memeriahkan Asian Games 2018.

“Khusus Jakarta sebagai tuan rumah utama penyelenggaraan bersama Palembang, fun run ini akan menjadi faktor pembuat demam Asian Games 2018,” kata Erick disela-sela memenuhi undangan Halal bi halal Chef de Mission (CdM) Asian Games Komjen Pol. Syafruddin di Jakarta. Kamis (28/6) malam.

Erick yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) menambahkan, Asian Games adalah perhelatan bangsa Indonesia, milik Indonesia dan untuk Indonesia. "Ada tiga tujuan dari fun run, yakni promosi Asian Games, mmengenalkan tim Indonesia dan venue Asian Games. Makanya rute lari di seputaran venue yang akan digunakan untuk Asian Games 2018," kata dia.

Syafruddin menambahkan, kebetulan waktu fun run bertepatan dengan HUT Polri pada 1 Juli 2018. "Untuk mendemamkan Asian Games 2018 ke seluruh wilayah Indonesia, maka akan kita gelar serentak, di seluruh Indonesia gelar fun run. Untuk menghormati Asian Games."

Ia mengatakan, demam Asian Games 2018 akan kembali dimulai melalui fun run setelah saat ini perhatian publik tersita pada Piala Dunia. Menurut dia, fun run nanti akan jadi titik balik promosi Asian Games 2018.

Menpora Imam Nahrawi, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Erick Thohir, serta perwakilan dari OCA akan memulai Jakarta Fun Run pada pukul 06.45. Titik awal kegiatan berada di Plaza Barat GBK, kemudian peserta akan berlari santai melalui jalan Pintu Satu GBK, melintasi jalan Jenderal Sudirman dan selanjutnya masuk kembali ke GBK dengan melintasi venue akuatik.

Peserta kemudian akan diarahkan melewati jalan Gerbang Pemuda menuju garis finis di Plaza Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement