Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

791 Peserta Ikuti CBT UIN Sunan Kalijaga

Jumat 29 Jun 2018 00:07 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Esthi Maharani

UIN Sunan Kalijaga

UIN Sunan Kalijaga

Foto: Dokumen
Ujian dilaksanakan mulai tanggal 26-30 Juni 2018

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta melaksanakan ujian masuk perguruan tinggi negeri dengan menggunakan komputer atau jalur Computer Based Test (CBT) II. Ujian dilaksanakan mulai tanggal 26-30 Juni 2018 diikuti oleh 791 peserta. Untuk lokasi tes ada di gedung laboratorium terpadu Fakultas Sains dan Teknologi dan gedung Pusat Teknologi Informasi Terpadu (PTIPD) sisi timur.

Ketua Admisi UIN Suka, Ridwan mengatakan jumlah peserta yang mengikuti CBT II ini lebih banyak dari CBT I yang berjumlah 316 peserta. Hal ini karena ada problem bidang teknologi informasi yang ada di sistem pendaftaran online. Namun sekarang ini masalah itu sudah teratasi dan siswa sudah bisa mendaftar secara online lagi untuk jalur mandiri.

Ridwan menjelaskan jika peserta mengalami kendala dalam proses pendaftaran online, mereka bisa datang langsung ke kantor Admisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada jam kerja atau bisa menghubungi lewat telfon atau media sosial resmi. “Bagi peserta waktu mengisi data online untuk diperhatikan kode IPA atau IPS jangan sampai keliru, karena sistem tidak akan merespon,” kata Ridwan, Kamis (28/6).

Ridwan pun menghimbau kepada peserta ujian untuk mencermati tempat dan tanggal ujian yang tercetak pada kartu ujian. Hal ini perlu diperhatikan bagi mereka agar tidak salah masuk gedung dan bisa memastikan datang pada tanggal pelaksanaan tes. Pengumuman skoring hasil CBT II akan diumumkan satu hari setelah pelaksanaan tes.

Sementara itu, Sekretaris Admisi Agung Rohimawan, mengungkapkan materi tes CBT II ini meliputi tes Dirasah Islamiah, Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kompetensi Dasar (TKD) untuk jurusan IPA atau IPS, dan bahasa Arab dan Inggris. Tes Dirasah Islamiah meliputi materi Alquran dan Hadist, Sejarah Kebudayaan Islam, Taukhid, Akhlak dan Fikih.

Sedangkan TPA terdiri dari materi numerik, parsial, visual dan figural. TKD IPA terdiri atas Matematika, Kimia, Biologi dan Fisika. TKD IPS terdiri atas Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Menurutnya, karakteristik dari tes CBT ini sama dengan tes tertulis pada umumnya yaitu menggunakan satu perangkat tes untuk beberapa peserta dengan panjang waktu tes yang sama. Perbedaannya terletak pada teknik penyampaian butir soal yang tidak lagi menggunakan kertas, baik untuk naskah soal maupun lembar jawabannya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA