Selasa 26 Jun 2018 20:34 WIB

Inasgoc: Sepak Bola Asian Games Diikuti 32 Negara

Inasgoc selanjutnya meminta PSSI melakukan drawing

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah
Logo Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asian Games 2018 terhitung 50 hari menjelang pembukaan. Di cabang sepak bola, panitia penyelanggara (Inasgoc) mengungkapkan sudah ada 32 negara yang akan ambil bagian dalam gelaran pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

Wakil Ketua Inasgoc Gatot Dewa Broto mengatakan, selanjutnya panitia lokal meminta Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) segera mengadakan pengundian (drawing) pembagian grup. Ia meminta pengundian oleh PSSI bisa dilakukan pada awal Juli mendatang.

"(Pengundian) Sepak bola, kami (Inasgoc) harapkan PSSI bisa sekaligus memeriahkan untuk promosi Asian Games 2018," ujar dia kepada wartawan usai rapat koordinasi persiapan lanjutan Asian Games di Istana Wakil Presiden (Wapres), Jakarta, Selasa (26/6).

Sementara PSSI, sampai hari ini belum memastikan format laga sepak bola Asian Games. Jika mengacu pada 32 negara calon peserta, besar kemungkinan PSSI akan membagi negara peserta ke dalam delapan grup yang berisikan masing-masing empat kesebelasan.

Akan tetapi menengok jumlah venue (stadion) pertandingan, tak memungkinkan membagi 32 negara peserta ke dalam delapan grup. Inasgoc sementara ini cuma menyediakan empat sampai lima stadion gelaran sepak bola. Yaitu, stadion Patriot Candrabhaga dan Wibawa Mukti di Bekasi. Satu lagi stadion Pakansari di Bogor, dan Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Bandung. Akan menjadi lima stadion jika menambahkan Si Jalak Harupat yang  juga ada di Bandung.

Federasi Sepak Bola Asia (AFC) pada awal Juni lalu, sudah melakukan pemantauan langsung terhadap stadion-stadion tersebut untuk gelaran Asian Games. AFC juga melakukan peninjauan langsung ke stadion Gelora Bumi Sriwijaya di Palembang yang akan menjadi tempat sepak bola perempuan.

AFC menilai stadion-stadion tersebut layak untuk menjadi lapangan tanding selama Asian Games. AFC pun meminta agar beberapa stadion yang saat ini sedang dalam perbaikan bisa rampung tepat waktu sebelum pembukaan.

Asian Games 2018 akan dimulai pada 18 Agustus sampai 2 September. Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono juga Sekertaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria saat dihubungi, Selasa (26/6), belum bisa memastikan kapan pengundian grup sepak bola akan digelar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement