Advertisement

Kemenangan Pertama Kolombia Berbaju Biru

Senin 25 Jun 2018 17:31 WIB

Red: Didi Purwadi

Kolombia malam itu menjalankan laga ke-20 di kancah Piala Dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, KAZAN -- Kolombia menggasak Polandia 3-0 di laga kedua Grup H Piala Dunia 2018 di Stadion Kazan Arena, Rusia, Senin (25/6) dini hari WIB. Seperti dikutip dari situs FIFA, kemenangan semalam menjadi kemenangan pertama Kolombia dengan memakai jersey warna biru.

Kolombia yang biasanya mengenakan jersey warna kuning, malam itu menjalankan laga ke-20nya di kancah Piala Dunia. Mereka melakoni debut Piala Dunia-nya ketika kalah 1-2 dari Uruguay di Cile pada 30 Mei 1962.

''Hari ini pertandingan berakhir dengan kemenangan bagi mereka (Kolombia),'' sebut laporan FIFA. ''Ini pertama kalinya mereka memenangkan pertandingan Piala Dunia dengan mengenakan jersey biru.''

Kolombia yang dikalahkan Jepang 1-2 di laga perdana grup, malam itu akhirnya mampu untuk tetap menjaga peluang lolos ke fase 16 besar. Perempat finalis Piala Dunia 2014 itu sukses membekuk wakil Eropa, Polandia, 3-0 pada partai kedua Grup H di Stadion Kazan Arena, Senin (25/6) dini hari WIB.

Torehan tiga angka dalam laga terakhir pada matchday kedua fase penyisihan grup itu membuat Kolombia masih memiliki peluang melaju ke babak 16 besar. Dengan mengantongi tiga angka, El Cafeteros berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup H. Pada laga pamungkas Grup H, Kolombia akan berhadapan dengan Senegal.

Sedangkan bagi Polandia, kekalahan dari wakil Amerika Selatan itu membuat mereka harus rela pulang lebih awal dan tersingkir dari gelaran Piala Dunia 2018. Laga tersebut memang menjadi laga hidup-mati untuk kedua tim. Pasalnya, pada laga Grup H lainnya, Jepang dan Senegal berbagi satu poin setelah bermain imbang 2-2.

Dalam laga di Stadion Kazan Arena tersebut, Kolombia memang tampil lebih agresif dibanding Polandia. Selain unggul penguasaan bola mencapai 54 persen, tim besutan Jose Pekerman itu 13 kali mengancam gawang Polandia. Sementara itu, Polandia hanya sembilan kali memberikan ancaman ke gawang Kolombia.

Demikian pun dengan tendangan ke arah gawang. Kolombia mengemas 13 kali tendangan, dengan lima di antaranya tepat ke arah gawang. Berbanding sembilan kali tendangan yang dilepaskan para penggawa Polandia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA