Senin 25 Jun 2018 17:06 WIB

Tim ITS Juarai International Roboboat Competition 2018 di AS

Tim berhasil menyelesaikan run dalam waktu 8 menit dari total alokasi waktu 20 menit.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin
Tim Barunastra dengan kapal autonomous Nala Heroes berhasil menyabet juara pertama dalam ajang 11th Annual International Roboboat Competition 2018 di Daytona Beach, Florida, Amerika Serikat (AS).
Foto: dok. Humas ITS
Tim Barunastra dengan kapal autonomous Nala Heroes berhasil menyabet juara pertama dalam ajang 11th Annual International Roboboat Competition 2018 di Daytona Beach, Florida, Amerika Serikat (AS).

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Tim Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil meraih juara pertama pada ajang International Roboboat Competition 2018 yang diselenggarakan di Florida, Amerika Serikat pada 18-24 Juni 2018. ITS berhasil meraih juara pertama setelah berhasil menyingkirkan lawan-lawannya dari berbagai negara, yang juga mengikuti perlombaan kapal autonomous tersebut.

Adapun peserta dari perlombaan kapal autonomous ini adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Indonesia; Universitas Diponegoro, Indonesia; Delft University of Technology, Delft, Netherlands; Embry-Riddle Aeronautical University, Daytona Beach, Florida, USA; dan Florida Atlantic University, Dania Beach, Florida, USA. Georgia Institute of Technology, Atlanta, Georgia, USA; Hagerty High School, Oviedo, Florida, USA; dan Nathan Hale High School, Seattle, Washington, USA.

Kemudian ada juga SRM Institute of Science and Technology, Chennai, Tamil Nadu, India; Tecnológico de Monterrey, Monterrey, Nuevo Leon, Mexico; University of Central Florida Robotics Club, Orlando, Florida, USA; University of Iowa, Iowa City, Iowa, USA; University of Michigan, Ann Arbor, Michigan, USA; dan Ann Arbor, Michigan, USA, Ottawa, Ontario, Canada.

Rektor ITS Joni Hermana bersyukur timnya mampu menjadi juara, meski terdapat berbagai kendala yang cukup fatal saat kualifikasi. Kendala yang dimaksud seperti rusaknya mini PC sebelum kualifikasi, rusaknya laptop (pengganti mini PC), errornya GPS serta kompas pada kualifikasi.

"Alhamdulillah karena doa dari semuanya, final Tim Barunastra ITS lancar tanpa kendala. Tim berhasil menyelesaikan run dalam waktu 8 menit dari total alokasi waktu 20 menit," kata Joni dalam pesan singkatnya, Senin (25/6).

Joni kemudian mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh elemen yang telah membantu Tim Barunasta ITS sehingga bisa mengikuti perlombaan tikat internasional tersebut. Joni berharap pencapaian tersebut bisa menjadi awalan yang baru bagi penerus Tim Barunastra ITS.

Adapun hasill final pada perlombaan tersebut adalah sebagai berikut:

1. ITS, Surabaya (4996)

2. Georgia Institute of Technology (4200)

3. Hagerty High School (958)

4. Embry-Riddle Aeronautical University (818)

5. Delft University of Technology (343)

6. Nathan Hale High School (337)

7. University of Michigan (318) 

8. Florida Atlantic University (147)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement