Kamis 21 Jun 2018 06:37 WIB

Turis Cina Ditemui di Berbagai Sudut Moskow

Kurang lebih sebanyak 40 ribuan orang Cina bakal mengisi stadion di Rusia.

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Joko Sadewo
Turis Cina di Piala Dunia 2018
Foto: republika/citra listya rini
Turis Cina di Piala Dunia 2018

REPUBLIKA.CO.ID,  MOSKOW  --  Cina bukanlah negara kontestan Piala Dunia 2018 di Rusia. Namun, sekitar 100 ribu turis asal negeri Tirai Bambu dikabarkan datang ke Rusia untuk menyaksikan Piala Dunia edisi ke-21.

Awalnya saya terkejut dan kurang percaya setelah membaca berita itu di beberapa laman berita dalam dan luar negeri. Namun, saya akhirnya mulai percaya berita yang saya baca tersebut. Ini mengingat banyaknya turis asal Cina yang saya jumpai di Moskow, Rusia.

Para turis asal negeri Tirai Bambu itu rata-rata berjalan dalam satu rombongan. Seorang pemandu wisata mengomandoi di barisan terdepan sambil membawa bendera. Rombongan turis Cina tersebut saya temui di berbagai ikon terkenal Moskow sampai dalam stadion.

Melihat jumlahnya yang banyak, saya pun penasaran ingin menyapa mereka. Apalagi mereka sama-sama berasal dari Asia seperti saya. Kurang lebih ada enam turis Cina yang saya ajak bicara. Jawaban mereka pun seragam, yakni pergi ke Rusia untuk menonton Piala Dunia 2018.

"Kami kemari untuk menyaksikan beberapa pertandingan Piala Dunia 2018. Kami sangat menyukai sepak bola," kata wanita bernama Liu kepada saya di kawasan Lapangan Merah, Moskow. Wanita berambut panjang itu mengaku bakal menghabiskan waktu selama sebulan di negeri Beruang Merah.

Ketika saya mengunjungi Museum Sepak Bola FIFA, beberapa turis asal Cina pun bermunculan wajahnya. Kali ini saya berjumpa dengan Chen yang datang bersama saudara laki-lakinya. Meski Cina tak main di Piala Dunia 2018, kata dia, bukan berarti tak boleh ke Rusia.

"Saya sangat menyukai sepak bola. Di Piala Dunia kali ini saya mendukung Spanyol karena negara saya tidak turut serta," kata Chen yang akan meninggalkan Rusia pada 23 Juli mendatang.

 

photo
Turis Cina di Rusia

Turis Cina juga saya jumpai ketika menonton pertandingan antara Portugal melawan Maroko di Stadion Luzhniki, Rabu (20/6). Adalah Stacey yang sengaja datang ke stadion bersama kakaknya untuk melihat idolanya, Cristiano Ronaldo. Dia mengenakan jersey timnas Portugal bernomor punggung tujuh bertuliskan nama Ronaldo.

"Saya datang ke sini untuk menonton Piala Dunia 2018," kata Stacey kepada saya. Seusai pertandingan yang berakhir dengan kemenangan Portugal 1-0 atas Maroko itu, Stacey berfoto di stadion sambil membentangkan bendera Cina yang dibawanya langsung ke Rusia.

Menurut laman resmi FIFA, penjualan tiket Piala Dunia 2018 cukup banyak dibeli warga Cina. Kurang lebih sebanyak 40 ribuan orang Cina bakal mengisi stadion di Rusia. Melansir dari SCMP, dari total 10 ribu lebih lembar tiket palsu Piala Dunia 2018 yang dilaporkan, sekitar 3.500 lembar di antaranya dibeli penggemar sepak bola asal Cina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement