12 Ribu Turis Lokal Kunjungi Sabang Selama Libur Lebaran

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Rabu 20 Jun 2018 14:15 WIB

Foto udara pulau Weh, Sabang, Aceh. Foto: Antara Foto udara pulau Weh, Sabang, Aceh.

Pengunjung menyeberang rata-rata menggunakan kapal ferry dan kapal cepat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Sebanyak 12 ribu wisatawan domestik berlibur ke pulau paling ujung Barat Indonesia selama libur panjang hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Kasubbag Tata Usaha UPTD Pelabuhan Ulee-Lheue Banda Aceh, Dahri mengatakan wisatawan menyeberang ke Sabang rata-rata menggunakan jasa pelayaran kapal ferry dan kapal cepat (Express Bahari)

Terpantau di Pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh, sejak lebaran ke dua hari raya Idul Fitri (16-20 Juni) kapal ferry melayani hingga tiga kali pelayaran pulang pergi (PP) dari pelabuhan tersebut tujuan Pelabuhan Balohan, Sabang, begitu juga dengan kapal cepat jenis Express Bahari.

"Keseluruhan setiap hari ada enam kali pelayaran pulang pergi. Tiga kali kapal lambat dan tiga kali kapal cepat," tutur dia, Rabu (20/6).

Berdasarkan pantauan, antusias wisatawan juga masih terlihat ramai yang berkeinginan berlibur ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Bahkan ratusan penumpang ada yang belum mendapat tiket dan masih mengantri hingga pukul 12:00 WIB.

"Kami sejak pukul 10:00 WIB tadi mengantri, tapi belum memperoleh tiketnya," kata salah seorang wisatawan yang sedang mengantri tiket.

Ada pun jadwal pelayaran kapal Ferry dini hari dari pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh - Balohan, Sabang yakni, KMP Tanjung Burang pukul 07:30 WIB dan KMP BRR pukul 10:30 WIB.

Kemudian dari Pelabuhan Balohan, Sabang - Ulee-Lheue Banda Aceh pukul 07.30 KMP BRR dan pinup 11:00 KMP. Tanjung Burang.

"Jadwal tersebut bisa berubah jika cuaca tidak baik. Dan kami mengingatkan agar setiap pengguna jasa memperhatikan keselamatan pelayaran, dan membeli tiket pada loket resmi, tidak membelinya pada calo," ujar Bahri.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X