Selasa 19 Jun 2018 20:09 WIB

Sempat Tertinggal, Kolombia Tahan Jepang 1-1 Babak Pertama

Bermain dengan 10 pemain, Kolombia justru berhasil mengurung pertahanan Jepang

Rep: Febrian Fachri/ Red: Hazliansyah
Pemain Kolombia Juan Quintero merayakan  gol ke gawang Jepang di Saransk, Rusia, Selasa (19/6).
Foto: AP/Vadim Ghirda
Pemain Kolombia Juan Quintero merayakan gol ke gawang Jepang di Saransk, Rusia, Selasa (19/6).

REPUBLIKA.CO.ID, MORDOVIA -- Pertandingan seru terjadi antara dua tim unggulan grup H yakni Kolombia dan Jepang di Stadion Mordovia Arena, Selasa (19/6). Kolombia yang sempat tertinggal 1-0 lewat penalti Shinji Kagawa di menit ke enam, dapat membalas di menit 39.

Kolombia mencetak skor melalui tendangan bebas Juan Quintero sehingga skor imbang 1-1 bertahan sampai babak pertama selesai.

Jepang mendapatkan hadiah titik putih sejak menit enam setelah bek Tricolor Carlos Sanchez menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang. Wasit asal Slovenia Domir Skomina langsung menunjuk titik putih.

Keputusan ini menyebabkan Sanchez kemudian diusir wasit dengan kartu merah. Pemain RCD Espanyol itu melontarkan protes keras sehingga ia dianggap telah mengganggu ketenangan wasit mengambil keputusan.

Kagawa yang menjadi eksekutor dengan tuntas melaksanakan lewat sepakan terukur. Tendangan mendatar pemain Borussia Dortmund itu meluncur pelan ke gawang Kolombia yang dijaga David Ospina.

Bermain dengan 10 orang nyatanya tak menyurutkan optimisme Kolombia untuk mencuri angka. Kapten Radamel Falcao menginisiasi serangan berbahaya sehingga pemain bertahan Samurai Biru Makoto Hasebe harus melanggarnya di depan kotak penalti.

Juan Quintero yang mengambil tendangan bebas dengan cerdik melepaskan tendangan yang mengecoh pagar betis Jepang. Quintaro menendang dengan mendatar di bawah kaki para pagar betis Jepang yang menduga bola akan melayang di atas kepala mereka.

Bola sepakan Quintero sebenarnya dapat diamankan kiper Jepang Eiji Kawashima. Namun wasit memutuskan bola sudah melewati gawang sehingga skor bertambah untuk Kolombia.

Wasit tak sedikitpun mengabaikan protes dari Kagaawa dan kawan-kawan yang menilai bola belum melewati garis gawang. Gol Quintero ini menjadi yang terakhir di babak pertama.

Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement