Selasa 19 Jun 2018 16:08 WIB

Dua Rekor Dunia Oscar Tabarez

Tabarez tercatat sebagai pelatih yang paling banyak tampil bersama timnas yang sama.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Israr Itah
Oscar Washington Tabarez
Foto: EPA/ERNESTO ARIAS
Oscar Washington Tabarez

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Uruguay, Oscar Washington Tabarez, mencetak rekor dunia sebagai pelatih yang paling sering tampil di Piala Dunia bersama tim nasional yang sama. Dilansir dari Guinness World Record, Selasa (19/6), Tabarez sudah mencetak rekor baru dalam pertandingan perdana Uruguay melawan Mesir, Jumat(15/6) lalu.

Dalam kemenangan Uruguay di babak penyisihan Grup A tersebut Taberez tercatat sudah menjadi pelatih untuk Uruguay di empat Piala Dunia yang berbeda yakni Piala Dunia 1990, 2010, 2014 dan 2018. 

Setelah 30 tahun berkarier pelatih yang dikenal sebagai El Maestro ini juga mencetak satu rekor lainnya. Tabarez juga tercatat sebagai pelatih yang paling banyak tampil bersama tim nasional yang sama. Ia sudah mendampingi Uruguay sebanyak 180 pertandingan. Tabarez dua kali ditunjuk sebagai pelatih Uruguay yakni pada tahun 1988 sampai 1990 dan 2006 sampai sekarang.

Ia tidak sembarangan di juluki El Maestro yang berarti guru. Tabarez memang sempat menjadi guru setelah menghabiskan 12 tahun sebagai pemain sepak bola.

Selama menjadi pelatih Uruguay, laki-laki berusia 71 tahun ini sudah mengoleksi segudang prestasi. Ia membawa Uruguay juara Copa Amerika 2011, semifinalis Piala Dunia 2010 dan menjadikan Uruguay tim nasional terbaik nomor empat versi FIFA pada tahun 2011. Semuanya prestasi tersebut ia raih bersama Luis Suarez, Edison Cavani dan Diego Forlan.

Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, juga mencatatkan dua rekor dalam pertandingan yang berakhir imbang 3-3 melawan Spanyol. Ronaldo tercatat sebagai pencetak hat-trick tertua dan masuk jajaran pencetak gol terbanyak di Piala Dunia, bersama Pele, Uwe Seller dan Miroslav Klose.

Ronaldo pun puas dengan apa yang telah ia raih di laga perdananya di Piala Dunia 2018. "Ini adalah salah satu momen terbaik dalam karir saya, satu lagi hat-trick dalam karier saya. Namun yang terpenting saat ini adalah saya puas dengan apa yang sudah diraih tim saya hari ini," kata Ronaldo seperti dilansir BBC, Selasa (19/6).

Kapten tim Meksiko, Rafael Marquez juga mencetak rekor di Piala Dunia 2018 ini. Marquez masuk kedalam jajaran pemain yang bermain di lima Piala Dunia, bersama Antonio Carbajal, dan Lothar Matthaeus. Ia membela Meksiko sejak Piala Dunia 2002 hingga 2018.

Essam El-Hadary masih harus menunggu untuk mencetak rekor sebagai pemain tertua yang pernah bermain di Piala Dunia. Hadary akan berusia 45 tahun dan lima bulan bila diturunkan membela Mesir melawan Rusia. Sebab ia menjadi tidak bermain ketika Mesir dikalahkan Uruguay. Ia akan memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Faryd Mondragon yang berusia 43 tahun dan tiga hari saat bermain di Piala Dunia. 

Ikuti info menarik seputar Piala Dunia 2018 di: Instagram @Republikbola37Twitter @Republikbola37 dan Facebook @Republikbola37

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement