Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Enam Wilayah di Aceh Diterjang Puting Beliung

Selasa 19 Jun 2018 14:03 WIB

Red: Nur Aini

Puting beliung (ilustrasi)

Puting beliung (ilustrasi)

Foto: ANTARA
Belasan rumah rusak akibat angin kencang dan tertimpa pohon.

REPUBLIKA.CO.ID, BIREUEN -- Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah di Aceh. Hal itu mengakibatkan masyarakat setempat mengalami kerugian materil karena rumah mereka tertimpa pohon tumbang.

"Ada enam kabupaten/kota di Aceh terkena dampak akibat cuaca ekstrem kemarin (Senin, 18/6), yakni Sabang, Aceh Besar, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Tengah, dan Aceh Selatan," ujar Kepala Pelaksana BPBA Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Selasa (19/6).

Ia mengatakan, puting beliung yang terjadi di daerah destinasi wisata bahari Sabang, telah menyebabkan delapan rumah warga setempat mengalami rusak ringan. Satu di antaranya rumah dinas milik TNI AL di kawasan Cot Ba'U. Selain itu, pohon tumbang menutupi badan jalan menuju ke tiga lokasi objek wisata, seperti Pantai Iboih dua titik, Balik Gunong Dua Sarang delapan titik, dan Taman Kebun Wisata Merica satu titik.

Puting beliung di Aceh Besar menerbangkan atap rumah milik warga atas nama Muslem (45 tahun) di Desa Teubareh, Kecamatan Montasik. Sementara, satu unit rumah di Pidie Jaya yang sedang dibangun roboh akibat angin puting beliung.

Di Aceh Tengah, terdapat satu unit rumah roboh diterpa angin puting beliung milik Mahmuddin (45 tahun). Sedangkan di Bireuen, satu batang pohon kelapa tumbang ke badan jalan di Desa Batee Timoh, Jeumpa, dan satu unit rumah di Desa Alua Buya Pasie, Jangka, sebagian atap rumah diterpa angin kencang.

Enam unit rumah di empat desa dan empat kecamatan di Aceh Selatan rusak akibat tertimpa batang pohon. Selain itu, terdapat dua batang pohon tumbang menutupi badan jalan. "Memang terdapat beberapa rumah warga yang terkena angin kencang, dan pohon tumbang, masih perlu perbaikan hingga hari ini," kata Dadek.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sabang, Aceh, kemarin, telah mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk melanda Sabang mulai 18 hingga 19 Juni 2018. "Pagi tadi sejumlah pohon tumbang di lokasi berbeda, bahkan ada rumah warga tertimpa pohon karena angin kencang serta hujan ringan hingga lebat di wilayah Kota Sabang," ucap Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Cot Ba'U Maimun Saleh, Sabang, Siswanto.

"Hari ini peta prakiraan pola pergerakan angin wilayah Kota Sabang dan sekitarnya terlihat kecepatan angin mencapai 40 knot atau setara 80 km/jam," ujar Siswanto menambahkan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA