Senin 18 Jun 2018 12:01 WIB

Saat Jerman Dikejutkan Aljazair di Negeri Matador

Aljazair mengejutkan dunia dengan membungkam sang unggulan dengan skor 2-1.

Pemain timnas Jerman saat dikalahkan Meksiko pada Piala Dunia 1982.
Foto: AP Photo/Victor R. Caivano
Pemain timnas Jerman saat dikalahkan Meksiko pada Piala Dunia 1982.

REPUBLIKA.CO.ID, Penggemar sepak bola dunia dibuat terbelalak tak percaya. Juara bertahan Jerman tumbang 0-1 dari Meksiko pada pertandingan pembuka mereka di Piala Dunia 2018. Padahal, Jerman dijagokan menjuarai Grup F yang juga diisi oleh Swedia dan Korea Selatan.

Gol Hirving Lozano pada menit ke-35 cukup untuk menghadirkan Jerman kemenangan menyakitkan, persis yang mereka terima 36 tahun lalu saat masih bernama Jerman Barat.

Ya, sejarah mencatat Die Mannschaft juga tumbang pada laga perdana mereka pada Piala Dunia 1982. Kala itu, Aljazair mengejutkan dunia dengan membungkam sang unggulan dengan skor 2-1. Pada 16 Juni 1982 di Stadion El Molinon di Gijon, Spanyol, Gol Rabah Madjer (53') dan Lakhdar Melloumi (69') hanya mampu dibalas sekali oleh Karl Hanz Rummanige. Kemenangan di hadapan 25 ribu penonton tersebut jelas tak masuk dalam skenario para pecinta dan pengamat sepak bola.

Kapten tim Aljazair, Ali Ferghani, mengatakan timnya mengejutkan karena memainkan tipe sepak bola berbeda yang tak pernah dilihat orang sebelumnya. 

"Campuran gaya Jerman, Prancis, dan Latin," kata Ferghani dikutip dari BBC.

Sementara Madjer menyebut kemenangan pada Piala Dunia 1982 Spanyol itu seharusnya tak jadi kejutan besar. Sebab, kata dia, tim Aljazair bermain solid karena sudah bersama-sama sejak 1979.

Jerman yang menjuarai Piala Eropa 1980 punya Rummenigge, kiper Toni Schumacher, Paul Breitner, dan Pierre Littbarski dalam line-up mereka. Namun, kata Madjer, Aljazair tidak terintimidasi.

"Kami memenangkan pertandingan tanpa kerumitan dan dengan merek sepak bola kami sendiri," ujar dia.

Walau membuat kejutan, Aljazair gagal melaju ke babak berikutnya karena kalah selisih gol dari Jerman dan Austria yang lolos ke babak kedua. Terlepas dari skandal main mata yang menghebohkan antara Austria dan Jerman, kekalahan pada laga pembuka tak berarti peluang berprestasi menghilang. Sebab, Jerman kemudian melaju hingga ke partai final sebelum akhirnya mengakui keunggulan 

Italia 1-3. Akankah Jerman akan mengulang sejarah serupa, melaju ke final walau kalah pada laga pembuka? Menarik dinanti.

Ikuti info menarik seputar Piala Dunia 2018 di: Instagram @Republikbola37Twitter @Republikbola37 dan Facebook @Republikbola37

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement