Senin 18 Jun 2018 05:13 WIB

Beberapa Rekor yang tercipta dari Laga Brasil vs Swiss

Ini pertama kalinya Brasil gagal raih kemenangan pada partai perdana sejak 1978

Rep: Frederikus Bata/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pemain asal Swiss, Steven Zuber merayakan gol ketika menyamakan kedudukan 1-1 dengan tim Brasil dalam pertandingan di Grup E, di Rostov Arena, Rusia, Senin (17/6)
Foto: Themba Hadebe/AP
Pemain asal Swiss, Steven Zuber merayakan gol ketika menyamakan kedudukan 1-1 dengan tim Brasil dalam pertandingan di Grup E, di Rostov Arena, Rusia, Senin (17/6)

REPUBLIKA.CO.ID, ROSTOV -- Laga pembuka Grup E Piala Dunia 2018 antara Brasil melawan Swiss telah berakhir. Skor 1-1 tercipta di Stadion Rostov, Rusia, Senin (18/6) dini hari WIB.

Dilansir dari Sky Sport, menurut catatan opta, pertandingan tersebut menghasilkan sejumlah poin penting. Ini pertama kalinya Brasil gagal meraih kemenangan pada partai perdana mereka di ajang Piala Dunia sejak 1978. 

Sekitar 40 tahun lalu, Selecao bermain imbang 1-1 dengan Swedia. Kemudian, dari 1982 hingga 2014, raksasa Amerika Selatan mengukir sembilan kemenangan (100 persen).

Dalam 23 laga terakhir, Swiss hanya sekali mengalami kekalahan. Satu-satunya kekalahan yang dialami anak asuh Vladimir Petkovic, terjadi pada Oktober 2017. Saat itu Stephan Lichsteiner dan rekan-rekan menyerah 0-2 dari Portugal pada kualifikasi Piala Dunia 2018.

Swiss belum pernah kalah pada laga pembuka di lima Piala Dunia terakhir yang mereka ikuti. Valon Behrami menjadi pemain Swiss pertama yang main di empat Piala Dunia.

Kembali ke Brasil. Lima dari 11 gol Phillipe Coutinho, berasal dari luar kotak penalti. Sejak 1966, Brasil telah mencetak 37 gol dari luar kotak penalti di Piala Dunia. 

Sebelumnya Armada Selecao bermain imbang 1-1 dengan Swiss di Rostov Arena, Rusia, Senin (18/6) dini hari WIB.

Berdasarkan catatan Republika.co.id, Pada menit ketiga, Swiss langsung memperoleh peluang. Xherdan Shaqiri membuang ke kotak penalti Brasil. Bola yang datang disambut Blerim Dzemaili.

Sayang, tendangan Dzermaili melambung di atas mistar gawang Alisson Becker. Setelahnya giliran tim Samba menekan. Pada menit kedelapan, Paulinho memperoleh kans emas.

Berada di mulut gawang lawan, sepakan penggawa Barcelona itu meleset tipis dari sasaran. Raksasa Amerika Selatan ini terus melancarkan serangan bergelombang. Pada menit ke-20, gol yang ditunggu datang juga.

Gelandang Selecao, Philippe Coutinho melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti. Bola yang datang tak mampu dihadang Yann Sommer. Swiss mencoba keluar dari tekanan. 

Wakil Eropa ini memakai strategi umpan silang ke daerah pertahanan Brasil. Di sisa waktu yang ada tak ada tambahan gol. Skor 1-0 untuk Neymar da Silva dan rekan-rekan bertahan hingga turun minum.

Usai jeda, Swiss langsung mengontrol pertandingan. Pada menit ke-50, pasukan merah putih berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari sepak pojok yang diambil Shaqiri.

Bola yang datang disambut Steven Zuber dengan sundulan. Tersengat situasi tersebut, tim Samba gencar melakukan tusukan dari kedua sayap. Pada menit ke-58, sepakan Coutinho belum menjangkau target.

Lini belakang Swiss tampil disiplin. Beberapa kali, Brasil memperoleh peluang melalui Neymar dan pemain pengganti Fernandinho, juga Roberto Firmino. Namun hingga laga berakhir, skor 1-1 tetap bertahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement