Ahad 17 Jun 2018 01:21 WIB

Sulitnya Mencari Suporter Islandia di Rusia

Berdasarkan pengalaman saya di Moskow, tidak mudah mencari suporter Islandia.

Rep: Citra Listiyarini/ Red: Yudha Manggala P Putra
Dua suporter Timnas Islandia di arena Fan Fest dekat Moscow State University di Moskow, Sabtu (16/6).
Foto: Republika/Citra Listya Rini
Dua suporter Timnas Islandia di arena Fan Fest dekat Moscow State University di Moskow, Sabtu (16/6).

REPUBLIKA.CO.ID,  Laporan Citra Listya Rini dari Moskow, Rusia.

MOSKOW  --  Islandia tercatat sebagai negara terkecil yang pernah turut serta di Piala Dunia. Dibandingkan 16 negara lain yang mengantongi tiket lolos gelaran akbar ini, populasi Islandia paling sedikit yakni hanya sekitar 334 ribu penduduk.

Minimnya jumlah masyarakat Islandia ini pun terasa sekali di sejumlah lokasi Piala Dunia 2018. Berdasarkan pengamatan langsung saya di Moskow, Rusia, sulit alias tidak mudah mencari rombongan fan Islandia. Berbeda sekali dengan negara kontestan Piala Dunia 2018 lainnya terutama Amerika Latin yang suporternya membanjiri negeri Beruang Merah.

Saya menyempatkan diri ke Fan Fest, tempat berkumpulnya suporter Piala Dunia 2018 yang memiliki Fan ID di dekat Moscow State University. Di sana hanya segelintir fan Our Boys yang saya jumpai.

Ketika kepala saya menengok ke arah lain hanya dalam hitungan detik, mereka sudah menghilang. Padahal saya ingin memintai komentar mereka atas hasil imbang 1-1 melawan tim tangguh Argentina di Stadion Spartak, Sabtu (16/6).

Setelah berkeliling Fan Fest, akhirnya saya berhasil menemukan fan Islandia. Langsung saja saya berondong dengan beragam pertanyaan terutama hasil laga melawan Albiceleste.

"Kami puas sekali dengan hasil imbang karena Argentina adalah tim hebat. Maju terus Islandia," kata Gainell kepada Republika.co.id.

Gainell makin senang karena kiper timnya Hannes Halldorsson mampu menepis tendangan penalti kapten sekaligus bintang Argentina, Lionel Messi. Menurut dia, Islandia layak diperhitungkan di Piala Dunia 2018.

"Kami siap memberikan kejutan lainnya di Rusia. Nantikan saja," kata Vincent, suporter Islandia lainnya yang saya jumpai.

Dua tahun setelah kejutan besar mereka di Piala Eropa 2016, Islandia kembali menjadi sensasi dengan lolos ke Piala Dunia, menyisihkan Kroasia dan Turki. Islandia juga mengejutkan banyak orang karena mampu mendepak Inggris dari Piala Eropa 2016.

Sayang, saya tidak berjumpa dengan banyak suporter Islandia di Fan Fest sehingga tidak bisa merasakan kebahagiaan mereka. Kebanyakan fan Islandia berada di Stadion Spartak untuk meilhat langsung timnya melakoni debut di Piala Dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement