Selasa, 1 Rajab 1441 / 25 Februari 2020

Selasa, 1 Rajab 1441 / 25 Februari 2020

 

Jumlah Penumpang Soekarno-Hatta Meningkat

Sabtu 16 Jun 2018 21:04 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Indira Rezkisari

Ribuan calon penumpang antre untuk masuk ke dalam terminal untuk lapor diri atau chek in di Termial 1 C Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Ahad (10/6).

Ribuan calon penumpang antre untuk masuk ke dalam terminal untuk lapor diri atau chek in di Termial 1 C Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Ahad (10/6).

Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Di hari pertama Lebaran tercatat lonjakan penumpang yang signifikan.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, pada hari pertama Lebaran (15/6), mengalami kenaikan sebesar 6,75 persen dibandingkan waktu yang sama pada 2017. Penumpang domestik mendominasi penerbangan di hari pertama Lebaran tersebut.

Operation Service dan Executive Manager Bandara Soekarno-Hatta, Djody Prasetyo di Tangerang, Sabtu (16/6), mengatakan, jumlah total penumpang pada Jumat terdata sebanyak 186.204 orang. Sedangkan pada lebaran pertama tahun lalu ada 174.436 penumpang.

Rincian penumpang lebaran pertama 2018 adalah untuk penumpang datang domestik tercatat sebanyak 65.393 penumpang dan penumpang internasional yakni 19.382 penumpang. Sementara untuk keberangkatan yang domestik tercatat 78.619 penumpang dan internasional ada 22.810 penumpang.

"Jika melihat data yang ada, maka terjadi kenaikan penumpang yang signifikan pada Lebaran pertama ini. Banyak warga yang menggunakan jasa penerbangan untuk mudik Lebaran pertama," ujarnya.

Begitu juga dengan jumlah penumpang pada hari ini, diperkirakan akan mengalami kenaikan hingga malam hari. Berbagai pengamanan dan pelayanan pun terus ditingkatkan termasuk dalam menghadapi arus balik lebaran.  "Untuk kesiapan arus balik Lebaran, kita sudah siapkan berbagai cara agar penumpang mendapatkan pelayanan yang terbaik," paparnya.

Sementara itu, PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) memaksimalkan layanan golf car assistance di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada musim Lebaran ini. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan hal tersebut untuk mempermudah penumpang menuju gate yang dituju. Dia menjelaskan, selama momen mudik, fasilitas tersebut semakin dibutuhkan bagi pengguna Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. "Terminal 3 merupakan terminal yang luas, kami ingin memberikan pelayanan terbaik sehingga penumpang merasa nyaman dan mempermudah mereka hingga gate yang dituju," kata Awaluddin, Sabtu (16/6).

Awaluddin mengungkapkan golf car assistance tersebut memiliki waktu operasional selama 24 jam. Sehingga, kata dia, penumpang tidak perlu khawatir karena akan dilayani setiap waktu.

Saat ini sebanyak 36 unit golf car assistance yang tersebar di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Titik-titik lokasi di Terminal 3 yang menggunakan layanan tersebut yaitu area keberangkatan domestik gate 15 dan 13 (prioritas), area kedatangan domestik gate 24, 18, dan 14 (prioritas), area keberangkatan internasional gate sembilan, dan terakhir area kedatangan internasional gate lima.



Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA