Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

 

Polda Banten Siagakan 433 Personel

Sabtu 16 Jun 2018 12:43 WIB

Rep: Ronggo A/ Red: Teguh Firmansyah

Sejumlah personel kepolisian mengikuti Apel Gelar Pasukan Pengamanan Malam Takbiran di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (14/6).

Sejumlah personel kepolisian mengikuti Apel Gelar Pasukan Pengamanan Malam Takbiran di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (14/6).

Foto: Antara/Aprillio Akbar
Polisi disiagakan untuk arus balik dan pengamanan lokasi wisata.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTEN -- Kepolisian Daerah (Polda) Banten menyiagakan 433 personel gabungan untuk menjaga jalur wisata dan arus balik mudik lebaran . Karena biasanya arus balik tak begitu padat, maka penjagaan petuga lebih banyak ke jalur wisata.

"Kita sudah siap dari Karo Ops, Dirlantas, Kasat Brimob, Kapolres Cilegon tadi pagi apel. Anggota yang disiagakan ada 433 personel gabungan," ujar Dirlantas polda banten , Kombes Pol Try Djatiutomo kepada Republika.co.id, Sabtu (16/6).

Djati menjelaskan, setelah apel pagi tadi, seluruh personel yang disiagakan itu kini sudah mengisi posnya masing-masing, baik itu di Pos Pam, Pos Gatur, dan Pos Penyekatan. Kebanyakan dari mereka ditempatkan di jalur-jalur menuju tempat wisata di wilayah Banten.

"Pasti meningkat (jumlah wisatawan). Maksudnya, pasti ada orang yang akan wisata, nginap, ketimbang jalur balik. Kalau jalur balik sepi. Makanya kita konsentrasi ke jalur wisata," jelasnya.

Ia menjelaskan, keputusan tersebut dibuat setelah melihat evaluasi tahun lalu. Pada arus balik 2017, personel kepolisian lebih banyak disiagakan di jalur mudik. Karena itu, saat ini personel kepolisian yang disiagakan dibagi ke dua jalur tersebut.

"Dulu kan ditumplekin banyak di jalur mudik, sekarang di balik. Dibagi, kita antisipasi (terjadinya kepadatan di tempat wisata)," katanya.

Di Sumbar, Kapolda Sumatra Barat Irjen Pol Fakhrizal menyebutkan, pihaknya juga mulai bersiap menghadapi lonjakan kendaraan menuju Kota Padang untuk arus balik. "Arus mudik di Sumbar lancar. Kalau tahun lalu sempat stuck, tahun ini jalur Padang-Bukittinggi rata-rata 2,5 jam saja. Tinggal arus balik ini, semoga tetap lancar," ujar Fakhrizal usai menghadiri gelar griya di Istana Gubernur Sumbar, Jumat (15/6).

Khusus untuk arus balik, titik-titik fokus pengawasan masih sama dengan arus mudik yakni jalur Padang-Bukittinggi, lintas Limapuluh Kota menuju Riau, lintas tengah Sumatra melalui Solok dan Dharmasraya, serta lintas Padang menuju Pesisir Selatan.

"Di jalur-jalur tersebut, selama arus mudik terpantau lancar," ujar Fakhrizal.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit juga mengapresiasi kinerja kepolisian yang bisa membuat arus mudik di Sumbar pada tahun ini lebih lancar. Nasrul berharap, situasi kondusif akan menerus hingga arus balik nanti.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA