Sabtu 16 Jun 2018 10:21 WIB

Yang Penting Happy di Rusia

Semangat sportivitas diperlihatkan para suporter Piala Dunia 2018.

Fan Arab Saudi di laga pembuka Grup A di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6).
Foto: Republika/Citra Listya Rini
Fan Arab Saudi di laga pembuka Grup A di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6).

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan Wartawan Republika.co.id, Citra Listya Rini, langsung dari Moskow

MOSKOW  --  Yang penting happy. Begitu gambaran para penonton laga pembuka Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6) malam waktu setempat lalu. Bukan hanya pendukung tim tuan rumah Rusia yang larut dalam euforia kebahagiaan seusai kemenangan telak 5-0 dari Arab Saudi.

Bahkan pendukung Arab Saudi yang seharusnya sedih melihat timnya kalah, tetap happy meninggalkan Stadion Luzhniki sambil berteriak Ole Ole Ole. Kedudukan akhir 5-0 tampaknya hanya tersisa di papan skor stadion. Ini mengingat fan Rusia dan Arab Saudi sama-sama happy pada akhirnya.

Ekspresi ceria dan happy juga diperlihatkan oleh para pendukung dari Amerika Latin. Ya, fan dari Argentina, Meksiko, Peru, Kolombia dan Brasil sejak saya menjejakkan kaki di Moskow selalu bersorak-sorai dimanapun mereka berada. Mereka bahkan berteriak Campione Rusia dan bernyanyi seusai meninggalkan Stadion Luzhniki.

"Piala Dunia 2018 resmi bergulir, kini waktunya menikmati turnamen ini. Yang penting happy karena saya datang jauh dari Meksiko," kata Juan sambil mengenakan topi khas Meksiko, Sombrero.

Danilo dari Brasil juga berkata hal yang sama. Bagi dia, Piala Dunia adalah ajang bertemunya semua pecinta sepak bola dari seantero jagat sehingga menang dan kalah hanya bagian di dalam lapangan. "Kami semua bersahabat di luar lapangan," ujar Danilo yang mengaku terkesan dengan kecantikan Kota Moskow ini.

Semangat sportivitas yang diperlihatkan para suporter yang saya temui sebetulnya bisa dijadikan contoh bagi penggila bola di Tanah Air. Kerusuhan di luar lapangan antarsuporter idealnya sudah tidak zaman lagi. Olah raga sepak bola yang mengedepankan fair play seharusnya diikuti para suporter fanatiknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement