Antisipasi Sampah, DLHK Depok Siagakan 50 Petugas Kebersihan

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah

 Kamis 14 Jun 2018 06:26 WIB

Petugas kebersihan sedang membersihkan sampah. (ilustrasi) Foto: Republika/Iman Firmansyah Petugas kebersihan sedang membersihkan sampah. (ilustrasi)

Petugas pesapon bekerja dengan sistem kerja secara bergantian.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Petugas kebersihan (pesapon) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok tetap siaga dan bekerja seperti biasa. "Kami siagakan 50 petugas pesapon saat lebaran hari pertama dan kedua. Petugas pesapon tersebut bekerja dengan sistem kerja secara bergantian," ujar Kepala DLHK Kota Depok, Etty Suryahati, di Balai Kota, Rabu (13/6).

Etty menjelaskan, selain itu pihaknya juga akan mengerahkan 40 armada truk. "Petugas pesapon akan dikerjakan sejak operasi bersih (Opsih) saat malam takbiran, sampai Subuh," terangnya.

Menurut Etty, petugas kebersihan akan piket secara bergiliran hingga selesai cuti bersama atau H + 5 Lebaran. Selanjutnya, jumlah pesapon yang bertugas membersihkan Kota Depok dari sampah, akan normal kembali yaitu sebanyak 1.300 orang pesapon. "Jadi liburnya hanya pas Lebaran saja, sampai H+5 petugas piket bergantian, setelah itu normal kembali," jelasnya.

Etty menyebutkan, di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, saat hari Lebaran biasanya sampah didominasi bungkus makanan dan selongsong petasan.

Namun demikian, pihaknya telah mengantisipasi dengan mengimbau Unit Pengolah Sampah (UPS) di seluruh Kota Depok untuk melakukan pengolahan sampah yang dihasilkan saat Lebaran. Hal ini dinilai perlu untuk menekan produksi sampah yang masuk ke TPA Cipayung.

"Adapun beberapa titik yang menjadi pantauan DLHK Kota Depok di malam takbiran antara lain, pusat perbelanjaan sepanjang Jalan Margonda, Flyover Arif Rahman Hakim, Dewi Sartika, Grand Depok City dan beberapa tempat lainnya," kata Etty. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X