Rabu 13 Jun 2018 07:52 WIB

AS tak Lolos, Warga AS Bingung Pilih Tim Favorit Piala Dunia

Jerman dan Brasil merupakan favorit untuk juara Piala Dunia 2018.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Trofi Piala Dunia
Foto: EPA/Bernd Weissbrod
Trofi Piala Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggemar sepak bola di Amerika Serikat (AS) bingung memilih jagoan di Piala Dunia 2018 Rusia. Hal tersebut menyusul kegagalan AS lolos kualifikasi untuk bermain di Rusia.

Dalam jajak pendapat SurveyMonkey baru-baru ini, dikutip dari ESPN, Rabu (13/6), pecinta sepak bola AS cenderung memilih Meksiko, Brasil, atau Jerman. Masing-masing mendapatkan 12 persen dari jajak pendapat. Sementara, Inggris mendapatkan 8 persen dan Argentina 6 persen.

Selain itu, negara lain yang menjadi pilihan masyarakat AS adalah Spanyol 5 persen dan Prancis 2 persen. Hampir seperempat dari peserta survei Piala Dunia, yaitu 23 persen, tidak memilih tim favorit.

Sementara untuk pemain favorit, superstar Lionel Messi dari Argentina dan Cristiano Ronaldo dari Portugal, masing-masing mengklaim 18 persen suara. Neymar dari Brasil meraih 7 persen, diikuti oleh striker Meksiko Javier 'Chicharito' Hernandez dan Thomas Muller dari Jerman, dengan masing-masing 4 persen.

Pemain Kolombia James Rodriguez dan Mohamed Salah dari Mesir masing-masing mendapat 3 persen. Namun, 24 persen audiens tidak memilih pemain favorit. Jajak pendapat SurveyMonkey, dilakukan antara 30 Mei dan 1 Juni, terdiri dari 3.752 peserta.

Tren lain dari survei, Jerman dan Brasil merupakan favorit untuk juara Piala Dunia, dengan persentase 22 dan 20 persen. Disusul Argentina 9 persen, Spanyol 7 persen, dan Meksiko 4 persen.

Ditanya sejauh mana Meksiko akan maju, 25 persen peserta menyatakan hanya sampai babak 16 besar atau yang menjadi posisi terakhir El Tri di enam Piala Dunia sebelumnya. Namun, 29 persen percaya Meksiko akan melampaui tahap itu tahun ini dan mengakhiri perjalanan di perempat final.

Di luar itu, 12 persen peserta berpikir Meksiko akan mencapai final dan 6 persen memprediksi El Tri akan memenangkan trofi juara. Meskipun timnas AS gagal lolos untuk pertama kalinya sejak 1986, tampaknya ada sedikit optimisme mengenai masa depan sepak bola AS. Persentase peserta survei mengharapkan AS untuk lolos ke Piala Dunia 2022, sebanyak 67 persen. Lalu 45 persen dari peserta yang sama meramalkan Negeri Paman Sam akan memenangkan Piala Dunia di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement