Tim Ganjal Siap Bantu Pemudik Lalui Jalur Gentong

Rep: Joko Suceno/ Red: Agung Sasongko

 Selasa 12 Jun 2018 18:50 WIB

Tim pengganjal ban bersiaga di kawasan tanjakan Gentong Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (12/6). Foto: Republika/Rizky Suryarandika Tim pengganjal ban bersiaga di kawasan tanjakan Gentong Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (12/6).

Tim ganjal yang jumlahnya puluhan orang tersebut disiapkan jajaran Polres Tasikmalaya

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tim ganjal ban mobil yang terdiri dari masyarakat sekitar Pos Terpadu Letter U Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmala, siap memberikan pelayanan kepada para pemudik saat melintasi jalur berkelok dan menanjak.

Tim ganjal yang jumlahnya puluhan orang tersebut disiapkan jajaran Polres Tasikmalaya saat arus balik nanti. Mereka akan bertugas mengganjal mobil yang mogok saat melintas di jalur Gentong.

Keberadaan tim ganjal ini mendapat apresiasi dari Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto yang melakukan kunjungan kerja bersama Kakor Shabara, Irjen Pol Sudjarno ke Pos Terpadu Letter U Gentong.

Saat kunjungan tersebut, kapolda meminta sejumlah anggota tim ganjal mempraktikkan tugasnya. Mereka yang mengenakan seragam warga oranye tersebut menunjukkan keterampilannya mengganjal ban mobil yang mogok di tanjakan Gentong.

photo
Infografis Mudik Aman
"Mengingat kondisi jalan Gentong adalah perbukitan yang memiliki kontur turunan dan tanjakan tajam sehingga keberadaan tim bantu pengganjal kendaraan yang tidak kuat sangat vital keberadaannya. Sebagai potensi masyarakat tim ganjal harus bekerja maksimal dalam melayani masyarakat," kata kapolda saat memberikan arahan, Selasa (12/6).

Dalam kesempatan tersebut kapolda secara simbolis menyerahkan bantuan makanan kepada petugas baik dari TNI/Polri, Dishub dan potensi masyarakat yang membantu tugas pengamanan arus mudik lebaran. Mereka adalah komunitas Tim Ganjel Gentong Mitra Sat Lantas Polres Tasikmalaya Kota dan potensi masyarakat lainnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X