Senin, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 Januari 2020

Senin, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 Januari 2020

Tanggapan Gerindra Soal Amien Rais Mau Jadi Capres

Selasa 12 Jun 2018 14:30 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil

Pendiri PAN Amien Rais, dua mantan Ketua Umum PAN Sutrisno Bachir dan Hatta Rajasa, Ketua Umum PAN Zulkifli serta Sekjen PAN Eddy Soeparno berfoto usai menggelar kegiatan buka puasa bersama di rumah dinas Zulkifli Hasan di Jakarta, Sabtu, (9/6).

Pendiri PAN Amien Rais, dua mantan Ketua Umum PAN Sutrisno Bachir dan Hatta Rajasa, Ketua Umum PAN Zulkifli serta Sekjen PAN Eddy Soeparno berfoto usai menggelar kegiatan buka puasa bersama di rumah dinas Zulkifli Hasan di Jakarta, Sabtu, (9/6).

Foto: Istimewa
Setiap warga negara berhak bicara apa saja.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyatakan siap maju dalam pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) 2019 mendatang. Dirinya siap maju sebagai capres bersanding dengan nama-nama lain yang diusung oleh partainya.

Ketua DPP Partai Gerindra Iwan Sumule mengatakan, siapa pun berhak untuk maju dan menyatakan dirinya akan menjadi capres, termasuk Amien Rais. Menurut dia, tidak perlu dipermasalahkan dengan keinginan mantan Ketua MPR tersebut untuk maju dalam pilpres nanti.

"Setiap warga negara bisa ngomong apa saja, termasuk ngomong ingin maju capres atau ,cawapres atau ingin jatah komisaris," ujar Iwan melalui keterangan tertulis, Selasa (12/6).

Selama keinginan tersebut, ujar Iwan, tidak dianggap hate speech atau melanggar undang-undang ITE ataupun dianggap melanggar Pancasila oleh rezim penguasa. Sebab, tafsir tentang hukum dan Pancasila, tambah dia, saat ini telah menjadi tafsir tunggal penguasa.

"Selama tak dianggap hate speech atau dianggap melanggar UU ITE, tidak apa-apa. Sam Aliano juga ngomong ingin maju capres, bahkan udeh buat janji-janji seperti yang pernah dilakukan Jokowi ketika akan maju capres 2014 lalu," ujarnya.

Saat ditanyakan bagaimana dengan komunikasi yang sudah terjalin dengan Gerindra, apakah kemudian PAN tetap mendukung Prabowo Subianto, Iwan enggan menanggapi banyak. Menurut dia, hubungan PAN dan Gerindra tetap harmonis.

"Kalau soal komunikasi dan silahturahmi tetap dilakukan dan terjalin baik. Faktanya baru kemarin Pak Prabowo dan Mas Amin bertemu saat sedang umrah," tutur Iwan.

Sebelumnya, Amien Rais mengaku terinspirasi dari kemenangan Mahathir sebagai perdana menteri Malaysia pada pemilu bulan lalu. Inspirasi tersebut adalah keinginan untuk maju pada pilpres tahun depan.

Hal itu disampaikan Amien di kediaman Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Sabtu (9/6). "Kalau Mbah Amien Rais ini kan walaupun tua, ya, tidak apa-apa. Begitu Mahathir jadi (perdana menteri), saya jadi remaja lagi sekarang kan, ya? Jadi, saya berterima kasih ke Pak Mahathir," katanya.


Mabruroh

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA