Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

 

Pelabuhan Merak Mulai Dipadati Pemudik

Sabtu 09 Jun 2018 05:07 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Esthi Maharani

Sejumlah mobil bersiap memasiki kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (8/6).

Sejumlah mobil bersiap memasiki kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (8/6).

Foto: Republika/Prayogi
Ada 32 Kapal Ro-Ro yang beroperasi dan melakukan perjalanan sebanyak 62 kali.

REPUBLIKA.CO.ID,  MERAK -- Antrean kendaraan sudah mulai terjadi di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (9/6) dini hari. Antrean tersebut masih berada di dalam area pelabuhan dan belum mencapai ke bagian luar pelabuhan.

Sejak Jumat (8/6) malam, baik kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua berangsur-angsur datang ke Pelabuhan Merak. Hingga Sabtu (9/6) pukul 02.00 WIB, kendaraan terus berdatangan dan membuat antrean di pintu gerbang pelabuhan.

Mobil-mobil dengan plat nomor berasal dari berbagai kota terlihat mengantre untuk masuk ke dalam kapal. Antrean tersebut terjadi di setiap dermaga yang ada di Pelabuhan Merak, baik itu Dermaga 1, Dermaga 2, Dermaga 3, Dermaga 4, Dermaga 5, dan Dermaga 6.

Di Dermaga 6, kendaraan roda dua terlihat mulai mengantre. Antrean kendaraan roda dua tersebut kurang lebih sepanjang 50 meter dari gerbang sebelum masuk ke dalam kapal dan terus berdatangan.

Agung (32), pemudik yang berangkat dari Lebak Bulus, Jakarta Selatan, menuju Lampung, mengaku baru menunggu sekitar 10 menit. Ia kini berada di antrean paling depan di antrean kendaraan roda dua.

"Gantian tadi yang di sebelah kanan masuk. Terus nanti yang sini. Baru 10 menitan nunggu," ungkap pria yang memilih pulang ke kampung halamannya pada malam hari agar tidak kepanasan itu. Sekitar pukul 03.03 WIB, antrean motor sudah mulai bersiap untuk memasuki kapal di Dermaga 6.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, sejak pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB pada Jumat (8/6) jumlah kendaraan yang melalui Pelabuhan Merak ada sebanyak 3.943. Ada 32 Kapal Ro-Ro yang beroperasi dan melakukan perjalanan sebanyak 62 kali.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono menyebutkan, Jumat (8/6) malam dan Sabtu (9/6) diprediksi akan terjadi puncak kepadatan pemudik. Tapi, untuk Jumat sore, berdasarkan perjalanan yang ia lakukan, dari Jakarta hingga ke Pelabuhan Merak masih relatif lancar.

"Ada hasil masukan dari beberapa sumber yang mengatakan, tanggal delapan dan sembilan Juni ini diperkirakan akan mencapai tingkat kepadatan yang tinggi," ungkap Djoko di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (8/6).

Ia melanjutkan, prediksi itu timbul karena memang hari Senin (11/6) sudah dimulai cuti bersama. Selain itu, tak menutup kemungkinan akan ada banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik pada malam hari ini.

Lebih lanjut Djoko menjelaskan, salah satu titik yang perlu mendapat pengamatan sungguh-sungguh adalah Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni. Itu karena kedua pelabuhan ini menghubungkan dua pulau, Jawa dan Sumatra, yang merupakan salah satu jalur ekonomi nasional.

"Juga karena sudah ada tol di dua pulau ini yang menghubungkan Sumatra dengan Jawa," kata Djoko.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA