Jelang Arus Mudik, Posko Kesehatan Telah Dibuka

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Bayu Hermawan

 Jumat 08 Jun 2018 23:30 WIB

Sejumlah kendaraan melintas di Pintu masuk Tol Cikarang Utama, Jakarta, Jumat (8/6). Foto: Republika/Mahmud Muhyidin Sejumlah kendaraan melintas di Pintu masuk Tol Cikarang Utama, Jakarta, Jumat (8/6).

Posko kesehatan di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, beroperasi selama 24 jam.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG -- Posko layanan kesehatan sudah dibangun di dekat kantor PT Jasa Marga Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama, Bekasi, sejak Kamis (7/6). Posko yang diisi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dan Rumah Sakit OMNI Cikarang ini dibuka selama 24 jam.

Salah satu petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Novi Dwi Astuti mengatakan, sembilan petugas akan siap siaga setiap harinya. "Kami terbagi ke tiga shift, pagi, siang dan sore. Dua orang petugas kesehatan, satunya driver ambulans," ujarnya saat ditemui Republika.co.id di posko, Jumat (8/6).

Dalam posko seluas sekitar 10 meter persegi tersebut, terdapat dua buah tandu untuk para pemudik yang membutuhkan. Obat-obatan, dari untuk sakit kepala hingga demam telah disiapkan. Apabila sudah darurat, pasien akan segera dibawa ke RS Sentra Medika menggunakan ambulans yang selalu stand by dekat posko.

Sepekan jelang Lebaran, posko layanan kesehatan di GT Cikarang Utama masih sepi. Menurut Novi, posko layanan kesehatan di gerbang tol masih belum 'sepopuler' dibanding dengan posko di rest area. "Di sini kan sifatnya wara wiri kendaraan saja, nggak seperti rest area yang jadi tempat istirahat pengemudi," ujar dokter yang praktik di Puskesmas Sinar Jaya, Bekasi, itu.

Posko kesehatan memiliki ragam layanan bagi pemudik. Dari sekadar cek kesehatan hingga mengobati keluhan yang dirasakan. Novi mengatakan, salah satu keluhan utama yang kerap disampaikan pemudik adalah lelah akibat terlalu lama berkendara.

Posko kesehatan di GT Cikarang Utama ini akan tersedia hingga akhir arus balik, yakni pada Rabu (20/6). "Nanti saat arus balik, kami pindah ke seberang, jadi bisa menjangkau pemudik yang mengarah ke Jakarta," ujar Novi.

Sepekan jelang Lebaran, sebanyak 28.048 kendaraan masuk Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama mengarah ke Cikampek pada Jumat (8/6) hingga pukul 12.31 WIB. Sebaliknya, pada waktu yang sama, 17.421 kendaraan melintas keluar GT, menuju Jakarta. Data ini dikutip dari monitor volume lalu lintas transaksi di kantor Jasamarga GT Cikarang Utama.

Play Podcast X