Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Perbaikan Fisik Arena Asian Games di Jabar Sesuai Target

Jumat 08 Jun 2018 20:52 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Endro Yuwanto

Pekerja membersihkan bangku di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/1).

Pekerja membersihkan bangku di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/1).

Foto: Antara/M Agung Rajasa
Kondisi menggembirakan terlihat di Stadion Si Jalak Harupat untuk lokasi sepak bola.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pengerjaan seluruh arena pertandingan Asian Games 2018 di Jawa Barat (Jabar) dipastikan sesuai rencana. Perbaikan fisik dan sarana penunjang lainnya berjalan baik dan menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Menurut Panitia lokal Asian Games 2018 yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Iwa Karniwa pihaknya sudah memantau seluruh arena pertandingan pada Rabu (6/7)  kemarin. Hasilnya, semua renovasi hampir tuntas dan tinggal menyisakan sedikit pekerjaan.

"Alhamdulillah saya sudah tinjau langsung secara fisik di lapangan dan perkembangannya sangat signifikan," ujar Iwa kepada wartawan di Bandung, Jumat (8/6).

Iwa mencontohkan, perbaikan Bendung Rentang di Kabupaten Majalengka sudah mencapai 96 persen. Pengerjaan di tempat pertandingan cabang olahraga kano ini tinggal mempercantik bagian sekitarnya seperti penyiapan lahan parkir. Kekurangan fasilitas pertandingan seperti pembuat ombak pun telah dipenuhi sehingga tinggal menunggu waktu untuk digunakan. "Jadi tinggal pemeliharaan saja," katanya.

Selain itu, kata Iwa, untuk pertandingan sepeda di Kabupaten Subang, pengerjaan arena dan aksesnya sudah selesai. Anggaran untuk memperbaiki jalan menuju venue tersebut sudah disiapkan dari dana CSR Bank BJB. "Sekarang sedang dalam proses administrasi. Saya sudah cek kepada Dinas PU Kabupaten Subang, mereka sedang melengkapi persyaratan yang diminta oleh BJB," katanya.

Dengan begitu, lanjut Iwa, pembangunan jalan menuju arena pertandingan sepeda ini akan segera dibangun. "Jadi tidak akan lama. Paling dua sampai tiga pekan sudah selesai," jelasnya.

Kondisi menggembirakan pun terlihat di Stadion Si Jalak Harupat yang akan digunakan untuk pertandingan sepak bola. Menurut Iwa, rumput lapangan sudah menunjukkan perkembangan yang baik sehingga sesuai dengan standar internasional. "Rumput sudah dicek oleh ahlinya, dan Alhamdulillah kondisinya sudah semakin bagus, tinggal satu tahapan lagi," katanya.

Adapun untuk perbaikan fisik lainnya di Stadion Si Jalak Harupat, kata Iwa, tinggal tahap akhir saja seperti pemeliharaan untuk kebersihan dan keindahan. "Insya Allah setelah Idul Fitri akan kami pantau terus. Sekarang pun pekerjaan sampai tanggal 10 tetap dilakukan dari segi fisik, tanggal 13 tinggal pengecatan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA