Kamis 07 Jun 2018 15:51 WIB

Unpad Masuk Jajaran Universitas Terbaik Tingkat Dunia

Reformasi birokrasi Unpad dilakukan melalui beberapa program.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Muhammad Hafil
Universitas Padjajaran
Universitas Padjajaran

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Padjadjaran (Unpad) berhasil masuk dalam jajaran universitas terbaik tingkat dunia. Unpad meraih peringkat di rentang 651-700 versi QS World University Rankings.

Rektor Universitas Padjadjaran Tri Hanggono Achmad bersyukur atas capaian yang berhasil diraih Unpad. Capaian tersebut menunjukan pengakuan atas capaian kinerja yang dilakukan Unpad.

"Yang lebih penting kalau sudah diakui harus kita pertahankan," kata Tri, Kamis (7/6).

Ia menuturkan bahwa yang paling penting bagi Unpad adalah progres kinerja Unpad harus terus ditingkatkan. Peringkat dunia tersebut juga harus menjadi pendorong bagi Unpad untuk berkinerja lebih baik lagi.

Adapun indikator penilaian dilihat dari academic reputation, employer reputation, citations per faculty, faculty student, international faculty, dan international students. Secara keseluruhan, penilaian dilakukan terhadap 1.233 perguruan tinggi yang ada di dunia.

Dari jumlah perguruan tinggi yang dinilai, pemeringkatan ditentukan untuk 1.011 perguruan tinggi terbaik. Di Indonesia, Unpad berada di posisi keempat dari 9 perguruan tinggi yang masuk pemeringkatan tersebut.

Peringkat dunia ini juga menunjukkan bahwa Unpad diakui secara internasional. Bisa dikatakan, Unpad merupakan perguruan tinggi berkelas dunia.

"Kalau target di visi kita masuk menjadiworld class university, artinya kalau sudah masuk liga ini sudah world class sebetulnya. Tinggal kita harus pertahankan bahkan kita tingkatkan," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Tata Kelola, Perencanaan, dan Sistem Informasi  Sigid Suseno mengungkapkan bahwa peringkat tersebut merupakan salah satu capaian dari reformasi birokrasi yang dilakukan Unpad. Perjalanan reformasi birokrasi ini membawa transformasi kemandirian dan keunggulan yang ditujukan untuk kemaslahatan masyarakat.

Perjalanan reformasi birokrasi Unpad yang dilakukan di berbagai bidang melalui sejumlah program yang terencana dan terukur meraih berbagai capaian, termasuk pada level internasional.

"Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa, semangat dan perjuangan seluruh sivitas akademika dengan komitmen yang tinggi untuk membawa Unpad memasuki level dunia yang tecermin lewat semangat untuk reformasi birokrasi, membawa Unpad mencapai hasil yang baik pada pemeringkatan dunia menurut QS World University Rankings, sebuah lembaga pemeringkatan universitas yang bereputasi," kata Sigid.

Menurut Sigid, hasil peringkat tersebut bukanlah tujuan dan akhir dari proses. Namun merupakan bentuk nyata hasil kerja keras seluruh sivitas akademika Unpad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement