Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Pele Masih Ragukan Kualitas Brasil di Piala Dunia 2018

Kamis 07 Jun 2018 11:27 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Legenda timnas Brasil, Pele

Legenda timnas Brasil, Pele

Foto: Reuters
Brasil dihuni para pemain yang bagus, tapi bukan sebagai sebuah kesatuan tim solid.

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAOLO -- Legenda timnas Brasil Pele mengaku masih menyimpan keraguan terkait kualitas dan kemampuan Selecao untuk tampil sebagai yang terbaik di gelaran Piala Dunia 2018. Meski Selecao dihuni pemain dengan kemampuan di atas rata-rata, Pele menilai timnas Brasil saat ini tak memiliki ikatan emosional yang kuat dan belum bisa dibilang sebagai tim solid.

Kendati begitu, Pele menilai, kinerja Tite sebagai pelatih timnas Brasil sudah cukup bagus. Sejak dibesut Tite, Brasil memang hanya kalah sekali dalam 20 penampilan terakhir. Seperti pada gelaran Piala Dunia sebelumnya, Brasil pun masuk dalam tim favorit juara pada ajang Piala Dunia 2018.

Namun, sosok legenda sepak bola berusia 77 tahun tersebut masih belum yakin skuat Samba bisa meraih sukses di Rusia. Brasil kini berambisi menambah koleksi trofi Piala Dunia menjadi enam kali gelar juara.

''Saya percaya dengan kemampuan Tite. Satu hal yang paling saya khawatirkan dari tim ini adalah Piala Dunia tinggal hitungan hari, tapi kami belum memiliki tim yang tepat. Secara individu, para pemain di tim ini adalah pemain-pemain yang bagus, tapi bukan sebagai sebuah kesatuan tim yang solid,'' kata Pele kepada Reuters, seperti dikutip ESPN, Kamis (7/6).

Salah satu andalan timnas Brasil di Piala Dunia 2018 ini adalah pemain termahal dunia, Neymar. Kendati sempat diragukan tampil di Rusia karena mengalami cedera parah, gelandang serang Paris Saint-Germain (PSG) itu akhirnya bisa pulih. Bahkan, pada laga perdananya setelah absen tiga bulan, Neymar mampu mencetak gol dan membawa Brasil mengungguli Kroasia 2-0 dalam laga uji coba, beberapa waktu lalu.

Pele pun menilai, Neymar sebagai salah satu pemain terbaik di dunia saat ini. Tidak hanya itu, Neymar dinilai juga dianggap telah lebih dewasa dan berpengalaman.
Namun, sekali lagi, Pele menyatakan, Neymar tidak akan bisa menjuarai Piala Dunia di Rusia kali ini. ''Ia tidak akan bisa menjuarai Piala Dunia sendirian. Timlah yang menjuarai Piala Dunia,'' kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA