Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Dilema Tubuh Ibu Baru Pascamelahirkan

Jumat 15 Jun 2018 02:23 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ani Nursalikah

Ibu yang baru saja melahirkan

Ibu yang baru saja melahirkan

Foto: familyshare.com
Ibu baru melahirkan membutuhkan pakaian yang nyaman dan praktis digunakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Segera setelah buah hati lahir ke dunia, ibu baru menyadari tubuhnya tak seperti dulu lagi. Baju-baju cantiknya, sepatu hak tingginya, dan celana jeans pensilnya tak akan bisa dipakai dalam hitungan pekan, mungkin juga bertahun-tahun.

Berikut ini adalah dilema ukuran tubuh yang dialami ibu baru, dilansir di Essential Baby, Selasa (5/6).

Pinggang melar
Setelah bayi lahir, Anda kembali mengenakan celana khusus ibu hamil. Pinggang melar, gelambir perut bertambah.

Anda perlu kerja ekstra untuk mengembalikannya. Solusinya adalah memakai celana karet elastis yang bebas ritsleting. Ini sangat membantu ibu, apalagi ibu yang sudah memiliki satu atau dua anak sebelumnya.

Mereka mungkin hanya punya waktu 40 detik berpakaian di pagi hari dan 11 detik ke toilet. Celana jeans dengan pinggang elastis sangat menghemat waktu.

Pengaturan mesin cuci metode cepat
Sebelum menikah Anda mungkin mencuci pakaian berdasarkan jenis pakaian. Setelah melahirkan, semua metode mencuci diubah ke cepat (quick). Pakaian halus yang biasanya dicuci tangan sekarang semuanya menggunakan mesin cuci.

Lingkar dada membesar
Jika Anda ibu menyusui, Anda memberi akses 24 jam untuk si kecil layaknya bar susu. Faktor ini pula yang membuat Anda berpikir ingin menggunakan baju praktis.

Anda teringat ketika anak menjerit di kafe, sementara baju yang Anda kenakan bertali-tali. Sekarang Anda memilih atasan dengan kancing yang mudah dibuka atau sweater sederhana juga elastis.

Kamuflase
Ibu menyusui kadang berhadapan dengan muntah atau ingus bayi. Anda tentu saja membutuhkan pakaian yang bisa mengamuflase semua itu.

Pakaian polos berwarna gelap dihindari. Sekarang Anda condong ke pola garis supaya bekas muntah atau ingus luput dari perhatian.

Pakaian dan gendongan bayi
Ibu menyusui saat keluar rumah hampir selalu membawa gendongan bayi. Gendongan bayi banyak modelnya.

Pakaian ibu tentu saja menjadi sorotan, apakah nantinya bagian bawahnya akan berkerut, ritsleting atau kancingnya apakah menimbulkan rasa sakit ketika digabung saat menggendong bayi. Oleh karenanya ibu memilih baju bagian atas yang ringan dan sederhana.

Sandal dan sepatu tumit
Berpakaian sesimpel mungkin adalah keinginan ibu yang baru saja mempunyai anak. Mereka jelas tidak nyaman mengenakan sepatu atau sandal tumit tinggi jika bepergian jarak jauh atau berjalan kaki cukup lama.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA