Senin 04 Jun 2018 04:01 WIB

Guerrero Sumbang Dua Gol, Peru Tekuk Arab Saudi

Ini pertama kalinya Guerrero mencetak dua gol untuk Peru sejak Copa America 2015.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ratna Puspita
Paolo Guerrero (kiri)
Foto: EPA-EFE/GIAN EHRENZELLER
Paolo Guerrero (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, SAINT GALLEN -- Peru tampil dominan saat berhasil mengandaskan Arab Saudi 3-0 dalam laga uji coba di Stadion Kybunpark, Saint Gallen, Swiss, Senin (4/6) dini hari WIB. Tim asal Amerika Selatan itu unggul lewat dua gol dari kapten sekaligus penyerang mereka, Paulo Guerrero, dan satu gol atas nama Andre Carrilo.

Dalam laga tersebut, La Blanquirroja, julukan Peru, mampu mencatat penguasaan bola sebesar 56 persen. Tidak hanya itu, para penggawa Peru juga sukses melepaskan 17 kali tendangan, tujuh di antaranya mengarah langsung ke gawang Arab Saudi. Sementara Arab Saudi hanya mampu menciptakan satu tendangan yang mengarah ke gawang Peru.

Tidak perlu waktu lama, Peru sukses mencetak gol lewat torehan Andre Carrilo. Bola hasil tendangan gelandang berusia 26 tahun itu tidak mampu dihalau oleh kiper Arab Saudi. 

Namun, laga ini menjadi miliki penyerang Peru, Paolo Guerrero, yang berhasil menyumbangkan dua gol di laga tersebut.  Gol pertama Guerrero di laga ini hadir pada menit ke-41. 

Mantan penyerang Bayern Muenchen itu memanfaatkan bola rebound hasil tendangan dari Edison Flores. Kemudian, Guerrero kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah berhasil mencetak gol lewat sundulan pada menit ke-64. 

photo
Fan Peruvian memberikan dukungan pada laga persahabatan antara Peru dan Arab Saudi di Stadion Kybunpark, Swis. (EPA-EFE/GIAN EHRENZELLER)

Ini pertama kalinya Guerrero mencetak dua gol dalam satu laga untuk Peru sejak Copa America 2015. Dengan tambahan dua gol ini, Guerrerro kian menegaskan statusnya sebagai pencetak gol terbanyak untuk Peru.

Tidak hanya itu, laga ini juga menjadi laga pertama Guerrero sejak Oktober silam. Sebab, penyerang klub Brasil, Flamengo, itu sempat diskorsing lantaran diduga kuat menggunakan doping. 

Namun, akhirnya pengadilan memutuskan mengabulkan banding dari Guerrero. Pengadilan juga memperbolehkan Guerrero memperkuat La Blanquirroja di Piala Dunia 2018.

Sama seperti di kualifikasi Piala Dunia 2018, Peru memang mengandalkan Guerrero untuk bisa terus merobek gawang lawan. Setelah menghadapi Arab Saudi, Peru akan melakoni laga uji coba kontra Swedia, 10 Juni mendatang. Kemudian melakoni laga perdana di Piala Dunia 2018 dengan menghadapi Denmark di laga pembuka Grup C. 

Sementara untuk Arab Saudi, tim besutan Juan Antonio Pizzi itu akan menghadapi tuan rumah, Rusia, pada laga pembuka Piala Dunia 2018, 14 Juni mendatang. Namun, sebelum tampil di Rusia, Arab Saudi dijadwalkan menghadapi Jerman pada laga uji coba terakhir mereka.

Susunan Pemain: 

Arab Saudi (4-2-3-1)

Pelatih: Juan Antonio Pizzi

Kiper: Abdullah Al Maiouf

Belakang: Mohammed Al Burayk, Motaz Hawsawi, Ali Albulayhi, Mansour Al Harbi

Tengah: Abdullah Alkhaibari, Salman Al Faraj; Fahad Al Muwallad, Hussain Al Mogahwi, Salem Al Dawsari

Depan: Hattan Babhir

 

Peru (4-4-1-1)

Pelatih: Ricardo Gareca

Kiper: P. Gallese

Belakang: L. Advincula, C. Ramos, A. Santamara, M. Trauco

Tengah: A. Carrillo, Y. Yotun, R. Tapia, E. Flores; C. Cueva

Depan: P. Guerrero

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement