Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Bagaimana Cara Mengelola Stres?

Senin 04 Jun 2018 07:10 WIB

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Foto: sciencemediacentre.co.nz
Langkah awal mengelola stres adalah mengenali gejal-gejalanya.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Stres dapat menjadi hal baik atau buruk. Semua bergantung pada cara mengelolanya. Jika dikelola dengan baik, dampaknya bisa positif, begitu juga sebaliknya.

Lalu bagaimana cara mengelola stres? Psikolog Yenny Duriana Wijaya mengatakan, langkah awal mengelola stres adalah lebih dahulu mengenali gejalanya.

"Harus mengenali gejala-gejalanya dulu, gejala stres," katanya saat ditemui Republika.co.id di Universitas Esa Unggul, Jumat (25/5) lalu.

Gejala stres awal, kata Yenny, biasa ditandai dengan rasa pusing, kurangnya nafsu makan atau sebaliknya jadi mengonsumsi makanan secara berlebihan, sulit tidur, merasa sensitif, hingga gampang marah dengan orang lain.

"Kalau biologisnya itu pusing. Kalau psikologisnya itu dia cepat marah atau sensitif. Kalau dari sosialnya dia menarik diri dari lingkungan," jelas dosen psikologi ini.

Setelah mengenali gejala stres tersebut, Yenny menyarankan untuk mencari teman yang dapat menjadi tempat bercerita. Melakukan itu bisa menjadi cara untuk mengurangi beban yang dirasakan.

"Cari teman curhat untuk berbagi atau mengeluarkan unek-unek," katanya. "Paling tidak mengurangi beban kita."

"Beban itu kan berat," ujarnya. "Jadi kalau kita punya teman dekat otomatis beban yang kita punya itu terasa ringan karena ada tempat untuk berbagi. Nggak cuma sendiri."

Namun, jika setelah melakukan hal itu belum dapat mengurangi stres yang dialami Yenny menganjurkan untuk menemui psikolog. Diharapkan dari situ Anda mendapatkan solusi yang lebih baik.

"Kalau orang-orang terdekat tidak bisa mengurangi stresnya memang harus ke profesional," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA