Ahad 03 Jun 2018 06:28 WIB

Lopetegui: Timnas Spanyol Harus Ciptakan Sejarah Baru

Ia tak memanggil pemain-pemain yang sempat mempersembahkan trofi Piala Dunia.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Julen Lopetegui
Foto: REUTERS/Antonio Bronic
Julen Lopetegui

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Juru taktik timnas Spanyol Julen Lopetegui mengklaim pasukannya hanya perlu berevolusi dan mengembangkan gaya permainan setelah tak memanggil beberapa pemain bintang. Lopetegui telah memilih 23 pemain yang akan mewakili La Roja mentas di Piala Dunia 2018 Rusia tengah bulan ini.

Namun, Lopetehui mengambil keputusan untuk tidak memanggil pemain-pemain yang sempat mempersembahkan trofi Piala Dunia, yakni Iker Casillas, Cesc Fabregas, dan Pedro Rodriguez.

"Kami menemukan tim yang sangat baik dan kami mencoba untuk mengukir jalan kami sendiri, mencoba untuk mengembangkan dan menumbuhkan gaya permainan yang sebelumnya sudah kami miliki," kata pria 51 tahun kepada Reuters dilansir Football Espana, Ahad (3/6).

Ketiadaan tiga pemain itu, termasuk Alvaro Morata membuat Lopetegui dikritik oleh pendukung La Furia Roja. Namun, ia tak menampik bahwa para pemain tersebut bisa masuk ke dalam timnas lagi pada masa mendatang. "Tak berarti mereka tak bisa kembali lagi. Pintu masih terbuka untuk semua orang, namun saat ini keputusan berat memang harus kami ambil," jelas dia.

Lopetegui meminta kepada para fan untuk tidak membandingkan kiprah skuat Spanyol 2010 dengan saat ini. Pendukung Spanyol harus memiliki keyakinan penuh pada para pemain yang dinilainya memiliki kemampuan. "Apa yang terjadi nanti, kita hanya perlu fokus pada apa yang bisa kita lakukan di Rusia tanpa melihat ke belakang."

Nantinya, Spanyol tergabung ke dalam Grup B bersama Portugal, Iran, dan Maroko. Pada laga pembukaan, Sergio Ramos dan rekan setim bakal langsung berhadapan dengan jawara Eropa Portugal pada 15 Juni mendatang di Stadion Olimpiyskiy Fisht, Sochi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement