Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

PSSI: Lapangan Latihan untuk Asian Games Perlu Direnovasi

Jumat 01 Jun 2018 22:13 WIB

Red: Israr Itah

Ratu Tisha Destria

Ratu Tisha Destria

Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Sebab sesuai standar Asia, setiap lapangan latihan harus ada ruang ganti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI menyatakan setidak-tidaknya ada tiga lapangan latihan untuk cabang olahraga sepak bola putra Asian Games (AG) 2018 yang masih perlu direnovasi. Sebab sesuai standar Asia, setiap lapangan latihan harus ada ruang ganti, termasuk toilet.

Ini disampaikan Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria di Jakarta, Jumat (1/6). Sampai saat ini, ada delapan lapangan latihan yang disiapkan untuk Asian Games 2018. Lapangan ini melengkapi empat stadion yang difungsikan untuk menggelar pertandingan.

Ratu menjelaskan, lapangan-lapangan latihan yang digunakan itu adalah Lapangan Sutasoma di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dan sebuah lapangan swasta, sebagai lapangan latihan tim yang bertanding di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat.

Sementara untuk tim yang nantinya berlaga di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, akan berlatih di Lapangan A dan B Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Kemudian untuk tim yang berkompetisi di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, berlatih di stadion milik tim Persikabo Bogor dan lapangan di sekitar Pakansari.

Terakhir, untuk tim yang bersaing di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, akan berlatih di lapangan milik Institut Teknologi Bandung dan Universitas Padjadjaran.

"Yang sekarang masih bermasalah yaitu lapangan latihan wasit. Sebelumnya itu direncanakan di Lapangan C Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, tetapi itu tidak bisa digunakan karena difungsikan sebagai tempat latihan acara pembukaan Asian Games 2018," kata Ratu.

Solusinya, dia melanjutkan, PSSI mengajukan kandang tim Bhayangkara FC Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, sebagai arena berlatih wasit Asian Games 2018.

"Sejatinya penggunaan stadion yang menjadi markas tim-tim Liga 1 2018 tidak masalah karena liga akan diliburkan selama Asian Games 2018," kata Ratu.

Sebagai informasi, PSSI menyatakan akan ada 32 tim peserta cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2018, bertambah dari sebelumnya 28 tim.

Demi memfasilitasi penambahan tersebut, PSSI berharap Si Stadion Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, bisa digunakan sebagai pelengkap empat stadion yang telah disiapkan.

Tisha menuturkan, keputusan terkait jadi atau tidaknya penggunaan Stadion Jalak Harupat untuk Asian Games 2018 berada di tangan Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc).

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA